Home NASIONAL 43 Persen Remaja Perempuan Pilih Nikah Muda

43 Persen Remaja Perempuan Pilih Nikah Muda

0
SHARE

Menikah muda rupanya menjadi permasalahan tersendiri bagi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise. Menurut dia, sebanyak 11,3 persen remaja perempuan telah menikah di usia 10-15 tahun dan 32 persen menikah di usia 16-18 tahun. Dari 43 persen remaja di bawah usia 18 ini sudah hamil saat menikah atau hamil setelah satu tahun menikah.
Ia menuturkan bahwa menikah terlalu muda, anak akan cenderung tidak mau lagi melanjutkan sekolah. Anak sulit mendapat kesempatan bekerja yang lebih baik. Keuangan keluarga pun akan bermasalah.

Karena itu ia mengingatkan para orang tua agar tidak membiarkan anak perempuan menikah di usia anak atau di bawah 18 tahun. Dia juga meminta agar anak-anak tidak menikah sebelum menamatkan pendidikannya terlebih dahulu agar bisa mendapat masa depan yang lebih baik.

Dampak lainnya, lanjut dia, pernikahan usia anak juga berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan dapat menyebabkan angka kematian ibu dan kematian bayi baru lahir.

“Menikah terlalu muda tentunya merengut masa kanak-kanak, menghambat kesempatan anak untuk sekolah, hingga dampak ekonomi bagi pembangunan Indonesia,” jelas Yohana Susana Yimbise saat acara Dialog yang berlangsung di Hotel Kartika Pontianak, Selasa (21/3).

Ia menuturkan kampanye menentang pekerja anak masih relevan terus didengungkan. Hal ini karena secara global maupun di Indonesia sendiri, jumlah pekerja anak masih tinggi.

Dalam konteks global, saat ini ada sekitar 168 juta anak-anak menjadi pekerja anak (ILO,2014). Lebih dari setengahnya melakukan pekerjaan yang menempatkan kesehatan dan keselamatan mereka beresiko.

Tingginya angka pekerja anak ini diikuti pula dengan meningkatnya jumlah anak telantar dan anak jalanan. Komnas mencatat saat ini jumlah anak telantar mencapai 6,1 juta.

Pada 2010 jumlahnya hanya mencapai 4,5 juta. Terkait pekerja anak ini, Indonesia menargetkan bebas dari pekerja anak pada 2020. Ada berbagai program yang dilakukan. (mse/fab/JPG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here