Home OLAHRAGA Persita Jelang Liga 2, Pastikan Suplai Lini Tengah

Persita Jelang Liga 2, Pastikan Suplai Lini Tengah

0
SHARE

Persita Tangerang, terus mematangkan kekuatan semua lini agar siap menghadapi Liga 2 (sebelumnya Divisi Utama) yang akan digelar media April. Setelah memastikan kekuatan lini belakang sudah tangguh, Pelatih Persita Bambang Nurdiansyah saat ini fokus untuk memastikan suplai dari lini tengah bisa berjalan mulus.

Ya, saat ini salah satu evaluasi Banur -sapaan Bambang Nurdiansyah- dari dua ujicoba kontra Persija dan Persika Karawang adalah belum optimalnya suplai bola kepada striker Persita, Sirvi Arvani, Aldi al Achya atau Henry Rivaldi. Salah satu penyebabnya adalah masih belum berjalan baiknya transisi permainan dari bertahan ke menyerang.

“Kadang pemain di semua lini terlambat melakukan pergerakan dan positioning (mencari posisi, red) saat rekannya berhasil menguasai bola dari lawan. Tekanan terkadang putus ditengah jalan. Perlu pemain lini tengah yang cekatan dalam membagi bola dan suplai kepada rekannya di lini depan,” ujar mantan striker timnas era 80-an.

Banur mengatakan, perlu kemampuan pemain lini tengah untuk menunjang serangan ke jantung pertahanan lawan supaya berbuah gol. Dari pemain lini tengah yang dimiliki, kata Banur semua memiliki visi bermain yang cukup bagus.

Namun, semua masih butuh dipertajam agar kemampuan pemain yang ada sekarang ini semakin meningkat. Yang menjadi perhatian Banur adalah visi bermain pemain bek sayap yang dinilai masih belum terlalu mendukung serangan.

Terutama saat menguasai bola di sisi pertahanan lawan. “Pemain di sisi sayap, terkadang telat mengambil keputusan untuk masuk ke pertahanan lawan atau memberikan umpan silang. Mereka perlu dibiasakan dengan skema permainan yang ada agar bisa otomatis mengambil keputusan saat menghadapi situasi serupa saat pertandingan,” jelas Banur.

Selain itu lini tengah Persita juga membutuhkan adaptasi dengan masuknya pemain baru dalam skuat tim Ungu, M Toha. Mantan pemain Pro Duta FC itu akan diplot Banur sebagai pelapis Heru Setyawan di lini tengah.

Namun jika dibutuhkan Toha juga disiapkan untuk berduet dengan Egi di sentral permainan tim Ungu. “Karakter Toha dan Heru berbeda dan ini bisa kita manfaatkan tergantung lawan yang dihadapi,” tukasnya.

Sedang Asisten Pelatih Persita, Wiganda Saputra menyatakan Banur juga tengah terus mengoptimalkan lini belakang agar semakin kompak dalam bertahan dan menyerang. Terutama dalam menerapkan pola tiga bek sejajar.

“Coach (pelatih, red) Banur menginstruksikan kepada pemain belakang harus pintar membaca situasi. Sehingga nantinya menjadikan pola penyerangan dan bertahan lebih dinamis dan tidak kaku,” kata bek timnas Primavera itu. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here