Home TANGERANG HUB Kontrol PJU Pakai Android

Kontrol PJU Pakai Android

0
SHARE

SERPONG-Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Tangsel akan membuat inovasi baru. Dalam penataan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), ke depan cukup dikonrtol pakai hp berbasis Android.

Kepala DPKPP Kota Tangsel Dendi Pryandana mengatakan, pada tahun ini akan dibangun 2.000 PJU. Titiknya, ditempatkan di beberapa ruas jalan lingkungan. “Yakni di 175 ruas jalan di Kota Tangsel,” ujarnya

di sela-sela Forum OPD gabungan di Restoran Remaja Kuring, Kamis (23/3).

Dendi menambahkan, sistem Smart PJU sudah dipergunakan di Jalan Ciater Raya dengan 110 lampu, Jalan Raya Serpong (depan WTC), Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan menuju Tandon Ciater. Sistem ini,  menggunakan aplikasi yang bisa dipantau dari jarak jauh.

“Dengan Smart PJU, petugas bisa mematikan, menghidupkan lampu dan mengetahui jika ada lampu yang putus atau mati dari jarak jauh,” tambahnya.

Saat beli perngkat Smart PJU, petugas sudah mendapatkan aplikasi atau fasilitas. Jadi, operator bisa mengoperasikan Smart PJU dan sistem ini bisa dipantau menggunakan aplikasi yang ada pada android. “Dengan syarat, androidnya sudah di-install,” jelasnya.

Tahun ini, DPKPP juga akan membangun rusunawa di Kelurahan Serua, Ciputat. Ini merupakan proyek dari pemerintah pusat dan nantinya bisa menampung 70 kepala keluarga (KK).

Sedangkan tahun 2018, DPKPP memiliki beberapa program yang akan dilaksanakan. Seperti, membangun atau memasang PJU baru, penataan kawasan kumuh, membangun gapura. Dan, yang menjadi progran andalan dan dinantikan warga adalah soal biaya pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Selain itu, akan membangun 24 balai warga, 16 paket gapura di kawasan permukiman, bedah rumah sekitar 218 rumah, serta membuat site plan pengembang, pembebasan lahan pemkot, pembebasan lahan kawasan pertanian terpadu (kawasan tandor Ciater). (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here