Home TANGERANG HUB Satpol PP Monitoring Wilayah Rawan

Satpol PP Monitoring Wilayah Rawan

0
SHARE

TIGARAKSA-Satpol PP Kabupaten Tangerang terus melakukan monitoring menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Agustus mendatang. Monitoring ini dilakukan untuk memetakan wilayah-wilayah rawan gesekan.

Menurut Kasatpol PP Kabupaten Tangerang H Yusuf Herawan, ada sejumlah wilayah yang dinilai rawan terjadinya gesekan antar pendukung. Kendati demikian, Yusuf enggan menyebutkan wilayah-wilayah tersebut. Wilayah yang dinilai dapat menimbulkan gesekan ini, tambahnya, mulai dilakukan pendekatan secara persuasif.

” Personel Linmas kita minta untuk melakukan pendekatan pesuasif,” kata Yusuf saat ditemui Tangerang Ekspres di kantornya, kemarin.

Meski ada sejumlah wilayah yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan, namun dalam pandangan Satpoll PP, semua desa yang menggelar Pilkades memiliki potensi terjadinya gesekan. Ini agar membuat seluruh personel Satpol PP siaga dan siap menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yusuf mengatakan, Satpol PP sudah membentuk tim untuk melakukan pemantauan dan pengawasan Pilkades. Tim itu terdiri dari Satpol PP dan Linmas. Nantinya tim ini akan bergabung dengan tim dari SKPD lain, termasuk dari TNI/Polri.

” Kami terus melakukan rapat koordinasi persiapan Pilkades serentak,” katanya.

Mantan Camat Cikupa ini menuturkan, selain melaksanakan tugas- tugas rutin, tahun ini Satpol PP fokus pada pengamanan Pilkades serentak. Untuk itu, Satpol PP akan mengerahkan seluruh personel untuk melakukan pengamanan.

Perlu diketahui, ada 16 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Tangerang, akan melaksanakan Pilkades serentak, Agustus mendatang. Mengadapi Pilkades serentak ini, Satpol PP akan all out menjaga keamanan dan ketertiban, dengan mengerahkan seluruh personel yang ada. Saat ini, Satpol PP memiliki 1 kompi pasukan andalan. Jumlah ini akan dibantu dengan satuan-satuan Linmas yang ada di kecamatan. Saat ini Satpol PP Kabupaten Tangerang terus berkoodinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SDKP) terkait serta TNI/Polri untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

Yusuf menjelaskan, saat ini Satpol PP memiliki 174 Satlinmas di seluruh Kabupaten Tangerang. Selain itu, Satpol PP sendiri memiliki 3 pleton. Dengan jumlah ini, pihaknya yakin akan mampu mengcover seluruh desa yang menggelar Pilkades. Jika kurang, tambah Yusuf lagi, pihaknya bisa meminta bantuan Satpol PP Provinsi Banten untuk BKO di Kabupaten Tangerang.

“ Personel dan sarana kami sudah cukup. Kami berharap pilkades serentak ini berlangsung aman dan lancar,” katanya. (sdh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here