Home TANGERANG HUB Komunitas Skateboard ,Konsisten Dukung Program LWE

Komunitas Skateboard ,Konsisten Dukung Program LWE

0
SHARE

KOTA TANGERANG-Penanganan sampah menjadi masalah utama di kota metropolitan. Bukan hanya tugas pemerintah, namun menurut Komunitas Skateboard Tangerang sampah merupakan tanggungjawab semua pihak. Termasuk mereka anak-anak muda yang tergabung dalam satu wadah dari berbagai kalangan.

Sudah satu bulan ini anak-anak skateboard dari kalangan umur 6 hingga 40 tahun konsisten mendukung program Less Waste Event (LWE) yang dinaungi Dinas Lingkungan Hidup bidang Kebersihan Kota Tangerang. Program LWE merupakan program yang mewajibkan kepada penyelenggara event untuk mengelola sampah event sehingga tidak mencemari lingkungan.

“Untuk tahap awal kami fokus di acara Car Free Day (CFD) setiap minggunya di lingkungan Tugu Adipura. Karena memang setiap Minggu kita kumpul di sana latihan skateboard di taman Skat Park. Makanya kami lakukan program LWE usai CFD,”ungkap Andika Wirawan, Ketua Komunitas Skateboard Tangerang.

Ia pun menjelaskan, Minggu ini sudah menjadi pekan ke-4, bersama teman-teman skateboard-nya memerangi sampah di Kota Tangerang. Mengelilingi wilayah CFD Tugu Adipura menggunakan skateboard sambil memungut sampah-sampah yang berserakan.

Setelah itu, seluruh sampah yang berhasil terkumpul diserahkan ke Bank Sampah Dinas Lingkungan Hidup yang standby setiap minggunya di Tugu Adipura. Anak-anak skateboard mengikuti program tabungan sampah, di mana hasilnya diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Sementara itu, Satriyo Wibowo salah satu anggota Skateboard Tangerang mengatakan ini merupakan kegiatan positif yang selama ini jarang dilakukannya, bersama teman-teman skateboard yang kini sudah memiliki anggota kurang lebih 40.

Alhamdulillah ini sudah minggu ke-4 kami LWE di CFD Tugu Adipura. Dari minggu kedua sudah ada beberapa warga yang minta kantong sampah dan tergerak ikut memungut sampah bersama kami,” tuturnya.

Ia pun berharap, dengan gerakan perangi sampah seperti ini, Komunitas Skatboard Tangerang dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan. Serta menggerakan mereka ikut memilah sampah, mengolah sampah hingga menjadi sesuatu yang bernilai. Karena sejatinya, sampah itu tidak harus berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA), tapi bisa diolah menjadi sesuatu yang bernilai hingga dari sampah dapat membantu sesama.

Ke depan, Komunitas Skatboard Tangerang akan aktif ke berbagai kegiatan yang digelar pemerintah di Kota Tangerang. Melakukan gerakan program LWE, memungut dan mengolah sampah-sampah yang ada usai berbagai kegiatan. (bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here