Home TANGERANG HUB Pabrik Kayu dan Gudang Tiner Terbakar

Pabrik Kayu dan Gudang Tiner Terbakar

0
SHARE

BALARAJA-Dalam dua hari terakhir, dua kebakaran terjadi di Kabupaten Tangerang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Musibah kebakaran terjadi di pabrik kayu PT Sarana Mulia Eka Perkasa, di Kampung Pos Sentul Rt 09/04, Desa Sentul Jaya,  Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (28/3).

Berdasarkan informasi, peristiwa kebakaran tersebut akibat arus pendek di sebuah mesin oven pabrik. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun satu orang karyawan dilarikan  ke rumah sakit akibat terjatuh saat berusaha memadamkan api. Diperkirakan perusahaan mengalami kerugian miliaran rupiah.

Kepala Desa Sentul Jaya Ihsan mengatakan, pada Selasa pagi, dia melihat kepulan asap pabrik. Dia langsung terkejut saat melihat ke lokasi api sudah membesar.

Sejumlah karyawan yang berada di pabrik, sempat berusaha memadamkan dengan alat pemadam api yang ada di lokasi pabrik  dan air seadanya, namun api sudah membesar hingga sulit dipadamkan. Tak berapa lama, sejumlah mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

” Ada 6 mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi pabrik, informasinya sih api berasal dari arus pendek, ” ungkap Ihsan.

Kapolsek Balaraja Kompol Wiwin Setiawan membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, peristiwa tersebut sempat membuat panik warga dan karyawan. Ini lantaran api yang sangat besar dan membutuhkan waktu lama untuk memadamkannya.

Wiwin mengatakan  pihaknya masih menghitung  kerugian materil. Kini api sudah padam hanya tinggal pendinginan saja.

” Kami sedang melakukan penyelidikan untuk mencari tahu penyebabnya. Tempat kejadian perkara sudah kami pasang garis polisi, “tandasnya.

Gudang Tiner

Sehari sebelumnya, gudang tiner meledak dan terbakar di kawasan Kadu Manis, Kelurahan Kadu Rt 05/02, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Dalam kebarakan itu, terjadi beberapa ledakan dasyat. Ledakan-ledakan ini membuat warga panik. Mereka khawatir, ledakan itu akan berdampak pada rumah mereka. Akibat kebakaran itu, ruas jalan di sekitar pintu tol Bitung macet total.

Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi, sempat kewalahan saat memadamkan api. Banyaknya bahan-bahan yang mudah terbakar serta tiupan angin yang kencang, membuat upaya petugas memadamkam api semakin sulit.

Pemadaman berlangsung lama karena banyak bahan-bahan yang mudah terbakar. Dinas Kebakaran sudah menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Agus Suryana menduga, penyebab kebakaran gudang penyimpanan tiner akibat dari percikan api dari puntung rokok yang dibuang.

Warga setempat, Wawan menuturkan, kebakaran terjadi pukul 14.00 WIB yang berasal dari drum tiner yang menumpuk di gudang. Wawan menuturkan, gudang tiner itu baru beroperasi sekitar 3 minggu. Warga berharap, gudang tiner itu ditutup lantaran mereka khawatir kejadian kebakaran itu akan terulang lagi.

“ Apalagi lokasinya sangat berdekatan dengan pemukiman warga,” kata Wawan.(mg23/mg24)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here