Home OLAHRAGA Berharap Tidak Ada Perubahan

Berharap Tidak Ada Perubahan

0
SHARE

Manager meeting Liga 2 digeber hari ini. Ada beberapa hal yang membuat keputusan pertemuan yang dilaksanakan di Jakarta itu cukup membuat para kontestan Liga 2 was-was. Salah satunya adalah pembatasan umur untuk pemain senior.

Pasca sidang tahunan 8 Januari lalu, beredar regulasi bahwa tiap tim maksimal hanya memiliki lima pemain dalam timnya yang berusia di atas 25 tahun. Semua tim langsung beradaptasi dengan hal itu. Termasuk Persebaya.

Namun, regulasi tersebut belum resmi. Bahkan, akhir-akhir ini santer terdengar kabar bahwa usia maksimal lima pemain senior di tiap tim menjadi 30 tahun. “Dengan waktu yang sangat mepet dengan kick off (18 April), regulasi tersebut jelas menyusahkan bila diresmikan,” kata pelatih Persebaya Iwan Setiawan.

Iwan lantas merujuk kepada keberadaan dua pemain senior di timnya saat ini, yakni kapten Mat Halil dan Rachmat Afandi. Usia keduanya saat ini sudah menginjak 37 dan 32 tahun.

Bila kedua pemain tersebut harus out, maka kian menambah pusing Iwan. Sebab, saat ini jumlah total pemain yang sudah diikat manajemen tim berjuluk Green Force itu masih 21 personel.

Apalagi, keduanya masih masuk dalam starting eleven pelatih asal Medan itu. Kampiun Dirgantara Cup yang dihelat di Sleman awal bulan ini adalah bukti sahih. Afandi bahkan masih stabil dengan donasi 3mpat gol. Jumlah itu serupa dengan Bijahil Chalwa yang jadi top scorer.

“Jujur saja, para pemain bagus saat ini juga mayoritas sudah memiliki tim. Lagipula, kami juga masih harus mendekati secara pribadi dan menjelaskan taktik kami bila ada pemain baru yang masuk. Mereka bisa lambat untuk tune in dengan tim,” sambung pelatih yang membawa Pusamania Borneo FC (PBFC) juara Divisi Utama (kini Liga 2) 2014 itu.

Hal sama diamini oleh Bambang Nurdiansyah yang menginginkan PSSI tak mengubah aturan yang telah dijalankan banyak klub Liga 2, termasuk Persita. Karena dengan perubahan aturan batas umur, tim Ungu berpotensi mengatur ulang kekuatan lini belakang.

Banur berharap PSSI bisa berpikir arif untuk tak melakukan perubahan soal batas umur pemain senior. Pasalnya, tidak sedikit tim yang menggantungkan asa mereka untuk berprestasi di Liga 2 berbekal pemain senior.

Halil termasuk ke dalam 21 pemain yang sudah dikontrak manajemen. Namun, kebanggaan membela Persebaya dan bisa mempersembahkan tiket promosi ke Liga 1 tahun depan bisa berantakan karena aturan itu.

“Semua sekarang terserah manajemen. Saya hanya bisa pasrah,” ucap salah satu pemilik klub internal El Faza itu. “Kalau itu (regulasi maksimal usia 30 tahun) disetujui, berarti Homecoming Game (19/3) adalah pertandingan terakhir saya bersama Persebaya dengan dukungan penuh dari suporter,” sambung pria yang juga pegawai Dispora Kota Surabaya itu. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here