Home TANGERANG HUB Pendapatan Naik, Silpa Bengkak

Pendapatan Naik, Silpa Bengkak

0
SHARE

SERPONG-Pemkot Tangsel menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2016 di kantor DPRD Tangsel, Rabu (29/3). Dalam laporan kinerja ini diketahui pendapatan melebihi target. Sementara dalam belanja daerah menyisakan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) yang cukup besar.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, pelaksanaan APBD tahun 2016 mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2011-2016. Pak Ben mengatakan, dengan mengangkat visi Kota Tangsel sebagai Kota Mandiri, Damai, dan Asri (Madani), berbagai prioritas program usdah dilaksanakan. Menurutnya, prioritas program yang mengacu pada RKPD 2016 terbagi menjadi 7 prioritas.

“Dengan prioritas utama infrastruktur, peningkatan pendidikan, kesehatan, SDM (sumber daya manusia, Red), pengembangan produk, kemiskinan dan pengangguran, serta tata kelola pemerintah berbasis sistem dan teknologi,” katanya.

Dalam hal pengelolaan keuangan dan pendapatan daerah, sebanyak Rp 2,664 triliun berhasil  dikumpulkan. Jumlah itu, melampaui dari target sebesar Rp 2,576 triliun yang ditetapkan bersama DPRD Tangsel. Selisih  jumlah tersebut, secara persentase yakni 3,14 persen. “Pendapatan berhasil dikumpulkan lebih besar Rp 87 miliar dari target pendapatan,” katanya.

Untuk kegiatan, lanjutnya, sebanyak 1.055 kegiatan berhasil dijalankan atau sebesar 91,58 persen. Anggaran di tahun 2016 juga masih terdapat Sisa Lebih Perhitungan (SiLPA) lebih dari Rp 510 miliar. SiLPA tersebut berasal dari sisa anggaran belanja daerah sebesar Rp 422 miliar.

“Atas penyampaian LKPJ ini nantinya Pemkot Tangsel akan mendapat rekomendasi dari DPRD. Sejumlah rekomendasi itu macam-macam menyangkut kinerja dan yang lainnya. Bisa juga nantinya DPRD hearing dengan OPD yang bersangkutan,” imbuh Pak Ben.

Sementara itu, Ketua DPRD Tangsel Mochamad Ramlie mengatakan, LKPJ yang sudah disampaikan Pemkot Tangsel akan dibahas dengan segera. Tiap fraksi, kata Ramlie, selanjutnya akan menyampaikan pandangan atas berbagai hal yang  telah dilakukan Pemkot Tangsel.

“Setelah ini kita kumpulkan langsung para ketua fraksi unutk segera membahas LKPJ yang telah disampaikan. Secepatnya akan digelar paripurna soal pandangan DPRD. Saat ini kita akan bahas dahulu LKPJ Pemkot Tangsel,” katanya. (mg-22/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here