Home TANGERANG HUB Airin Resmikan Posyandu Alamanda

Airin Resmikan Posyandu Alamanda

0
SHARE

SERPONG-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany meresmikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) Alamanda Kelurahan Rawabuntu, Kecamatan Serpong, Tangsel (4/4). Airin berharap sarana ini bisa membantu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga.

“Semoga dengan diresmikannya posyandu ini, minimal 1 bulan sekali ada kegiatan yang berlangsung di posyandu dan posbindu seperti menimbang balita, tensi darah, dan sekaligus dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar,” ucap Airin.

Airin juga berharap agar para kader posyandu bersama dengan warga sekitar berperan aktif dalam mengoperasikan sarana itu. Serta, mau bergotong royong penambahan fasilitas pendukung posyandu.

“Sarana dan prasarana yang ada dijaga dan dirawat. Jika memang tidak memungkinkan untuk meminta sarana dan prasarana seperti tempat sampah, alat kebersihan, alat kesehatan, dan lainnya kepada kami (pemerintah, red), ada baiknya para kader dan warga dapat memenuhinya secara bersama,” kata Airin.

Ditemui di lokasi yang sama, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel Iin Sofiwati mengatakan bahwa sepanjang tahun 2016 melalui Dinas Kesehatan sudah membangun sebanyak 26 posyandu, dan di tahun 2017 menargetkan membangun sekitar 300 posyandu di Kota Tangsel.

“Kita sudah menerima sekitar 300 proposal terkait pembangunan posyandu, namun karena sekarang kebijakan membangun ada di tangan Dinas Bangunan dan Tata Ruang, maka kita bekerjasama untuk dapat merealisasikan hal tersebut,” imbuhnya.

Tangsel sendiri sudah memiliki total 827 posyandu sejak Tangsel berdiri. Sebanyak 527 merupakan bangunan lama dan diperbarui, sementara sisanya dibangun berdasarkan usulan warga. “Warga mengusulkan proposal ke kami dan kami membangun sesuai usulan itu,” kata Iin.

Ke depannya, Iin berharap dengan diresmikannya posyandu oleh walikota, dapat memberikan semangat bagi kader kesehatan untuk menjadi lebih baik.

“Kita (dinkes, red) memiliki sekitar 6.000 kader posyandu. Mereka sudah kita bina, dan kita berikan reward sebesar Rp 1 juta selama 1 tahun dan juga kita berikan seragam agar mereka menjadi lebih semangat dalam bertugas,” tutupnya. (mg-1/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here