Home TANGERANG HUB 29 Calon Kepala Dinas Diperiksa Kesehatan

29 Calon Kepala Dinas Diperiksa Kesehatan

0
SHARE

PAMULANG-Sebanyak 29 calon kepala dinas atau pejabat pimpinan tinggi pratama eselon II b menjalani tes kesehatan di RSU Tangsel, Kamis (6/4). Pemeriksaan kesehatan ini merupakan syarat wajib yang harus dijalani sebelum ke tahap seleksi selanjutnya.

Sekretaris tim pemeriksaan kesehatan RSU Tangsel dr. Cut Marziah mengatakan, peserta yang mengikuti tes kesehatan ini berjumlah 29 orang. Mereka menjalani tes kesehatan sebanyak 10 jenis pemeriksaan.

“Mereka dibagi dalam tiga kelompok saat melakukan pemeriksaan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (6/4).

Pemeriksaan meliputi MMPI atau kesehatan jiwa, udiometri atau fungsi pendengaran, spirometri atau pungsi paru. Kemudian radiologi atau rontgen, EKG atau fungsi jantung, mata, interna atau penyakit dalam, neuro atau saraf dan obgyn atau kandungan.

Dalam pemerikasaan ini RSU Tangsel mengerahkan 9 dokter spesialis dan  dokter umum. “Dokter umum bertugas melakukan medical check up dan melihat secara umum kesehatan peserta, mulai dari tekanan darah dan lainnya,” tambahnya.

Wanita berkerudung ini menjelaskan, pemeriksaan diawali dengan pengambilan darah. Sebelumnya para peserta diminta untuk berpuasa untuk melihat hormon-hormon yang akan diperiksa.

“Masih baguskah ketika diperiksa sebelum dan sesudah puasa? Dan biasanya hormon itu dirilis pada malam hari,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan semua peserta akan disimpulkan Kamis (6/4) sore atau paling lambat Jumat (7/4). Yang dilihat adalah ada tidaknya faktor risiko yang bisa mengganggu pekerjaan ke depan dalam jangka waktu 5 tahun. “Hasil tes kesehatan akan kita serahkan ke tim pansel maksimal hari Selasa (10/4). Hasilnya berupa laporan tertulis,” tuturnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel Apendi mengatakan, semua peserta hadir dalam tes kesehatan itu. Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Setelah pemeriksaan kesehatan selesai tahapan selanjutnya adalah tahapan membuat makalah dan wawancara. “Mei kita sudah harus punya lima kepala dinas, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” tambahnya.

Salah satu peserta tes kesehatan adalah Aplahunnajad. Pria yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangsel ini mengaku tidak punya persiapan khusus. “Yang penting istirahat dan makan teratur,” katanya. (bud/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here