Home NASIONAL Perkuat Kerja Sama, Indonesia Siap Sambut Menlu Angola

Perkuat Kerja Sama, Indonesia Siap Sambut Menlu Angola

0
SHARE

Pemerintah Indonesia siap menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Angola yang akan berkunjung pada 10-12 April 2017. Menteri Luar Negeri Angola, Georges Rebelo Pinto Chikoti akan mengunjungi Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa tanggal 11 April 2017.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menjelaskan momen ini menjadi suatu sambutan positif dari negara Afrika terhadap strategi dan kerja sama Indonesia dengan Afrika khusunya di bidang ekonomi. Menurut Tata, begitu dia akrab disapa, Angola merupakan salah satu pasar yang sangat potensial untuk produk non-tradisional.

“Ini kesempatan bagi dua negara mempererat kerja sama. Produk yang sudah kita ekspor yaitu CPO, kosmetik, serta mebel dan beberapa produk kimia,” tegasnya dalam Konferensi Pers di Gedung Kemenlu, Jumat (7/4).

Sebagai pasar potensial, Indonesia merencanakan Menlu Angola akan ke PT Pindad dan PT DI. Menurut Tata, Angola merupakan mitra penting dalam hal kerja sama energi dan keamanan.

“Kita mengimpor cukup banyak minyak, Angola nomor dua terbesar, Angola produsen kedua terbesar setelah Nigeria, kita sedang bahas beberapa MoU ada 2 atau 3 kesepakatan,” katanya.

Tata menambahkan Pemerintah RI ingin mengembangkan bidang lain sektor industri strategis. Pembahasan ditekankan pada kerja sama ekonomi seputar minyak dan gas.

“Nilai perdagangan Indonesia dan Angola di 2016 tidak terlalu besar 192,8 juta USD. Ini lebih banyak pada produk minyak dan gas,” ungkap Tata. (cr1/JPG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here