Home HUKUM Ada Almaidah 51 dan 212 di Komik X-Men

Ada Almaidah 51 dan 212 di Komik X-Men

0
SHARE

Aksi 2 Desember 2016 atau dikenal dengan 212 di Jakarta memang begitu fenomenal. Karena jutaan massa berkumpul ingin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera ditahan karena melakukan dugaan penistaan agama.

Aksi fenomenal tersebut bahkan sampai ada di edisi perdana komik X-Men Gold terbitan Marvel. Di mana ada unsur 212 dan surat Al-Maidah ayat 51 dalam komik superhero tersebut.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid membenarkan, aksi 212 begitu fenomenal. Karena jutaan masa rela berkumpul meminta Ahok segara ditahan. Oleh sebab itu dia menilai wajar apabila aksi 212 dijadikan inspirasi pada sebuah komik Marvel.

“Wajar jika hal tersebut dikenang oleh siapapun dan mengundang inspirasi bagi siapapun termasuk seniman,” ujar Sodik kepada JawaPos.com, Minggu (9/4).

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) juga mengaku sah-sah saja aksi 212 dijadikan inspirasi. Asalkan tidak melanggar ketentuan dan peraturan yang ada. “Yang penting adalah dalam karya tersebut jangan ada potensi pelecehan lanjutan yang akan menambah hiruk pikuk dan ketegangan,” tegasnya.

Sebelumnya, komikus asal Indonesia Ardian Syaf bikin heboh. Ardian membuat kontroversi dengan memasukkan unsur politik pemilihan Gubernur DKI Jakarta dalam edisi perdana komik X-Men Gold terbitan Marvel. Syaf menampilkan unsur aksi 212 dan surat Al-Maidah ayat 51 dalam gambar karyanya.

Selama akhir pekan, beberapa pembaca komik di Indonesia mulai menunjukkan reaksi untuk seri komik baru tersebut. Mereka mempermasalahkan mengapa dalam komik itu terlihat ada jelas ada unsur pemilihan Gubernur Jakarta yang sedang ramai diperbincangkan publik Indonesia.

Beberapa hal yang memperlihatkan unsur-unsur itu adalah tampak gambar gedung yang bertulis angka “212” dalam adegan tokoh Kitty Pryde yang sedang berbicara soal kepemimpinan. Sedangkan di bagian lain terlihat tulisan “QS 05:51” di kemeja karakter Colossus. Narasi ini bikin heboh karena situasi politik saat ini tengah memanas menjelang pemilihan Gubernur DKI Jakarta. (cr2/JPG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here