Home TANGERANG HUB Living World All Star International Lion Dance Championship Pertarungan Para Juara

Living World All Star International Lion Dance Championship Pertarungan Para Juara

0
SHARE

SERPONG UTARA-Pada media April ini, Living World akan kembali mengadakan pertandingan Barongsai Internasional.  Kegiatan ini, hasil kerja sama dengan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI). Even ini, diberi tajuk Living World All Star International Lion Dance Championship. Sebanyak 12 tim dari 6 negara akan mengikuti acara ini. Prestisenya, seluruh pesertanya pernah menjadi juara dunia dan merupakan pemain Barongsai terbaik di Negara mereka.

Pertandingan Barongsai kelas dunia yang diselenggarakan oleh Living World menjadi ajang pertandingan yang bergengsi dan dinantikan oleh team Barongsai Indonesia dan Luar Negeri. Jannywati Hartini selaku Direktur Living World menjelaskan, pertandingan ini kembali diadakan, dimana sebelumnya pihaknya telah sukses mengadakan dua kali pertandingan Barongsai Internasional pada 2013 dan 2014 yang lalu.

“Pertunjukan Barongsai yang merupakan kesenian dan olahraga asli Tiongkok kini telah menjadi bagian dari olahraga dan kebudayaan Indonesia. Serta, selalu menjadi favorit khususnya, bagi para pengunjung Living World. Dan, pada pertandingan Barongsai 23 – 24 April mendatang, Living World akan mengundang para pemain Barongsai terbaik atau Best of the Best dari 6 Negara,” katanya, saat merilis acara Selasa (11/4). Keenam Negara tersebut adalah China, Hongkong, Malaysia, Singapore, Australia dan Indonesia yang akan bertanding memperebutkan hadiah total $15,000 untuk Pertandingan Barongsai Tonggak dan Pertandingan Tambur. Dimana pertandingan tambur akan menjadi pertandingan pertama kali yang dilakukan di Indonesia. “Selain itu, Living World juga akan memberikan hadiah kepada tim Barongsai dengan penilaian Tingkat Kesulitan Tertinggi,” imbuhnya.

Xaverius Djunair selaku Sekjen FOBI menjelaskan, pertandingan ini diadakan bukan hanya untuk mencari prestasi. Tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antar-pemain barongsai dan juga sebagai ajang pemersatu bangsa. “Kejuaraan ini akan dinilai oleh juri lokal dan juga internasional dimana yang menjadi kriteria penilaian adalah dari bentuk Barongsai, kerjasama antar pemain, langkah-langkah/kuda-kuda, musik, ekpresi dan juga tingkat kesulitan,” paparnya.

Kesenian Barongsai sudah resmi menjadi salah satu cabang olahraga nasional yang dinaungi oleh Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) dan sudah ada di 20 provinsi serta menjadi anggota badan dunia yaitu International Dragon and Lion Dance Federation (IDLDF) dimana anggotanya sudah mencapai 35 negara yang tersebar di seluruh dunia. Saat ini FOBI-pun sudah resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). “Tim Barongsai yang akan mewakili Indonesia adalah Kong Ha Hong yang pernah menjadi juara dunia pada tahun 2009 di Guang Zhou, 2014 di Indonesia dan 2015 di Beijing, serta team FOBI Kaltara yang pernah menjadi juara 1 PON tahun 2016 yang lalu” ujar Ronald Syarif, Ketua Yayasan Kong Ha Hong.(mol/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here