Home TANGERANG HUB Puskesmas Pondok Benda Kurang Dokter

Puskesmas Pondok Benda Kurang Dokter

0
SHARE

PAMULANG-Puskesmas Pondok Benda, Pamulang, menjadi satu dari 11 puskesmas yang akan diakreditasi tahun ini. Namun puskesmas ini masih kekurangan dokter umum. Jika tidak dipenuhi, ini akan memengaruhi poin penilaian akreditasi. Plt Kepala Puskesmas Pondok Benda Rita Rosita Dewi Pamuncak saat ini, Pondok Benda baru memiliki satu dokter gigi dan empat dokter umum. “Dokter umum masih kurang satu orang lagi. Selain itu, supaya tidak mengganggu penilaian diharapkan ada kepala puskesmas definitif,” terangnya.

 Kita ketahui, dinas kesehatan Kota Tangsel menargetkan tahun ini ada 11 puskesmas mendapat akreditasi. Tahun 2016 sudah ada 7 puskesmas yang mendapat akreditasi, yakni puskesmas Jombang, Pondok Aren, Benda Baru, Rengas, Pondok Jagung, Rawabuntu dan Kampung Sawah. Meski masih kekurangan dokter, Rita tak patah semangat. Berbagai persiapan terus dilakukan sejak awal tahun. “Akreditasi dilakukan umeningkatkan pelayanan kepada warga,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (19/4).

Rita menambahkan, akreditasi puskesmas merupakan keharusan yang dilakukan oleh tiap puskesmas. Ini merupakan suatu pengakuan yang diberikan oleh kementerian kesehatan terhadap hasil penilaian kesesuaian proses dengan standar yang dipakai. Ada standarisasi untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas. “Mulai dari pelayanan, sumber daya manusia dan sarana dan prasarana,” tambahnya.

Wanita berhijab ini menjelaskan, untuk mendapatkan akreditasi tidak mudah dan ada beberap hal yang harus siapkan. Salah satunya administrasi. Administrasi ini penting lantaran selama ini banyak puskesmas yang mengacuhkannya. Dokumen yang tidak baik, membuat dokumen susah dicari. Jadi, bila ada pasien yang mencari data sulit ditemukan. “Kita membagi tugas antara yang bertugas di usaha kesehatan masyarakat (UKM), usaha kesehatan perorangan (UKP) maupun administrasi,” jelasnya.

Tata letak ruangan juga dibuat menarik. Tujuannya supaya pasien nyaman dan tidak seperti di puskesmas yang selama ini terkesan sumpek dan sebagainya. “Petugas pendaftaran, perawat dan doketr harus ramah,” ungkapnya. Plt Kepala Dinkes Kota Tangsel Listya Windyarti mengatakan, akreditasi ini dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada warga dalam bidang kesehatan. “Puskesmas Kampung Sawah dapat akreditasi utama dan mudah-mudahan diikuti puskesmas lain,” katanya.

Sebanyak 11 Puskesmas yang ditargetkan mendapat akreditasi adalah Serpong 2, Pondok Benda, Pisangan, Paku Alam. Juga Puskesmas Keranggan, Pondok Ranji, Jurang Mangu, Pondok Betung, Bakti Jaya, Parigi, Ciputat Timur. Puskesmas yang sudah terakreditasi harus memiliki ruang rawat inap di lantai bawah. Jika di lantai dua maka diperlukan lif. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here