Home NASIONAL Wapres AS Kagumi Toleransi Antarumat Beragama RI

Wapres AS Kagumi Toleransi Antarumat Beragama RI

0
SHARE

JAKARTA-Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence kagum melihat toleransi antarumat beragama di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Imam Besar Istiqlal KH Nasaruddin Umar saat mendampingi Pence berkeliling Masjid Istiqlal kemarin (20/4). Nasaruddin mengatakan, Pence terkesan dengan Masjid Istiqlal yang menjadi rumah bagi agama-agama lain selain Islam. ”Tadi kami jelaskan di sini ada join parking antara gereja dan masjid. Tadi, juga kami ceritakan bahwa arsitek Masjid Istiqlal ini adalah seorang protestan. Petugas kebersihannya juga ada yang nonmuslim,” cerita Nasaruddin. Pence makin kagum dengan toleransi antarumat beragama di Indonesia setelah menghadiri langsung dialog lintas agama yang dimoderatori Yenni Wahid.

Pada dialog singkat itu, Pence melihat langsung bagaimana para pemuka agama lain ikut hadir di sebuah masjid untuk berdialog dengan damai. ”Teman-teman dari agama lain juga mengungkapkan bahwa sebagai umat nonmuslim, mereka mendapat perlakukan yang sama. Tidak berbeda dengan umat muslim,” terangmya. Hal senada dilontarkan Yenni. Puteri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid itu mengatakan, Pence terkesan dengan simbol-simbol pluralisme dan kebhinekaan yang dilihatnya secara langsung. Bagaimana masjid bersebelahan dengan gereja, bagaimana para pemuka agama lain merasa aman dan nyaman menginjakan kaki di Istiqlal, dan simbol-simbol lainnya.

Berdasar hal itu, lanjut Yenni, Pence makin yakin bahwa Indonesia adalah negeri dengan toleransi keagamaan yang begitu tinggi. Pence bahkan meminta Indonesia meningkatkan peran dalam isu toleransi global. ”Dia berharap banyak pada Indonesia. Dia berharap Indonesia bisa menyebarkan toleransi ke dunia,” jelas pemilik nama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu. ”Indonesia diharapkan bisa jadi inspirasi bagi warga dunia dan komunitas muslim di banyak negara,” tambahnya. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here