Home BISNIS Gandeng Raffi Ahmad Promosikan e-UKM

Gandeng Raffi Ahmad Promosikan e-UKM

0
SHARE

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus berusaha memajukan industri dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kali ini cara yang dilakukan yakni menjalin kerja sama dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), para artis, dan pelaku UKM.

Sinergi ini punya inisiatif untuk mengembangkan platform e-dagang (e-UKM). e-UKM adalah sebutan bagi para UKM yang telah memanfaatkan kanal digital seperti marketplace, online store, social media sebagai sarana promosi dan publikasi produk dan jasa kreatif. Bertumbuhnya usaha kreatif berbasis UKM ini tidak lepas dari peran masyarakat bersama pemerintah yang terus mendorong, juga swasta termasuk para pelaku seni.

“Bekraf mengharapkan adanya perubahan paradigma dari para pelaku industri. E-commerce merupakan salah satu infrastruktur ekonomi kreatif yang diharapkan dapat melakukan akselerasi pertumbuhan penjualan produk-produk kreatif anak bangsa Indonesia, baik di pasar domestik maupun pasar global,” kata Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf saat jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (25/4).

Aulia E Marinto, ketua umum idEA mengatakan bahwa semua pihak punya peran untuk mengembangkan dan memperkuat ekonomi digital tersebut. Baik penggerak UKM termasuk dari para kalangan selebriti yang juga punya usaha. Untuk kali ini, Bekraf menggandeng selebriti seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ruben Onsu, Gilang Dirga, dan lainnya.

“Mereka sangat kuat pengaruhnya, coba lihat followers dan fansnya di sosial media, puluhan juta. Jadi akan sangat strategis kolaborasi dan sinergi ini untuk mendorong berkembangnya e-UKM. Di sisi lain, Pemerintah dan idEA bisa menjembatani hubungan baik tersebut dengan menyiapkan ekosistem yang mendukung,” ujar Aulia.

Raffi Ahmad sebagai salah satu selebriti terlibat mengaku, dia dan rekan tertarik berpartisipasi aktif dalam membangun ekonomi rakyat berbasis digital. Salah satunya dengan membuat sebuah platform Ekonomi Rakyat Digital Panaya.id. Sebuah platform yang dibangun untuk membantu UKM, yang menggunakan media sosial para artis sebagai alat menjalankan bisnisnya.

“Media sosial perkembangannya sangat pesat, dan ini harusnya dimanfaatkan untuk mengembangkan perekonomian rakyat. Kami menyambut baik sinergi ini, sehingga ada dampak positif, bukan saja memperluas pasar tetapi mendorong pemasaran yang kreatif agar para UKM menjadi lebih unggul,” ujar Raffi Ahmad.

“‘Melalui platform Panaya.id ini para artis akan membantu produk lokal agar dapat menjangkau seluruh nusantara. Para artis juga mengajak puluhan juta followernya untuk menjadi peritel dengan syarat yang sangat sederhana,” jelas Hero Tjokroardi, CEO Panaya.ID. (ded/JPG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here