Home OLAHRAGA Momen Rebut Takhta

Momen Rebut Takhta

0
SHARE

Barcelona dan Atletico Madrid saja bisa dibuat menderita. Dua klub top three La Liga tersebut sama-sama tak mampu mencuri angka penuh saat melawat ke Estadio Riazor, kandang Deportivo La Coruna. Lalu apa yang terjadi ketika Real Madrid sebagai klub terakhir dari tiga besar berkunjung ke sana?

Itulah yang harus dijawab oleh Marcelo dkk dalam lawatannya ke Riazor dini hari nanti WIB (Siaran Langsung SCTV pukul 02.30 WIB). Di atas kertas, delapan tahun lebih Real tak pernah tersentuh kekalahan ketika datang ke Riazor. ”Yang kami tahu, ini laga sulit menantang lawan yang sulit pula,” kata entrenador Real Zinedine Zidane, dikutip situs resmi klub.

Sulit, karena sejak 2017 Riazor kerap menyulitkan tim tamu. Dari delapan laga home di Riazor, hanya dua kali La Coruna membiarkan lawan mencuri poin penuh. Padahal, itu incaran Los Blancos – julukan Real – sebagai modal untuk move on dari kekalahan menyesakkan di El Clasico atas Barcelona, 24 April kemarin. Kekalahan itulah yang membuat Barcelona merebut takhta klasemen dari Real Madrid.

Wajib hukumnya, Real membawa pulang tiga poin, untuk merebut kembali pimpinan klasemen. Zizou, sapaan akrabnya, menyebut takkan ada banyak perubahan dari timnya usai kalah di El Clasico lalu. Termasuk adanya rotasi pemain. Real sudah pasti tak diperkuat Gareth Bale, dia cederanya kambuh. Lalu, Sergio Ramos yang terkena kartu merah. Khusus Ramos, sebagai penggantinya mungkin bukan Raphael Varane.

Tipikal Zizou, dia tidak akan menurunkan pemain sampai dia yakin pemain tersebut 100 persen fit. Casemiro calon terkuat pendampig Nacho di center back. Meski, Casemiro baru satu kali main di posisi tersebut saat Real ditahan Celta Vigo 2-2 pada leg 2 perempat final Copa del Rey, 26 Januari lalu.

Menurutnya, yang harus dilakukan skuadnya nanti meminimalisir kesalahan. ”Masih ada tiga poin, itu kenapa kami harus pikirkan laga besok (nanti). Saya sudah berkata kepada pemain dan saya tegaskan  tidak akan mengubah apapun yang sudah kami lakukan. Kami paham betapa penting arti setiap poin, dan kami akan bekerja keras, dan terus kerja keras,” tutur Zidane.

Dari karakter permainannya saat di kandang yang harus dihindari Real adalah kebobolan  terlebih dahulu. Karena faktanya, begitu German Lux dkk sudah unggul pada babak pertama, di akhir laga mereka tidak akan kalah. Mentok seri. Itu yang mesti diwaspadai Real. Pasalnya, dua lawatan terakhir mereka selalu kebobolan pada babak pertama.

Yaitu pada pertandingan tandang kontra Leganes (6/4) dan Sporting Gijon (15/4). Tetapi, Real baru saja melakoni laga menguras tenaga, akankah itu berdampak pada start-nya di Riazor nanti? ”Secara fisik kami baik-baik saja, kami sangat berkonsentrasi,” ungkapnya. Fakta setelah kekalahan El Clasico satu dekade terakhir, Real kerap mengamuk.

Dari sembilan kekalahan di El Clasico, tujuh kali di antaranya Real langsung move on di laga selanjutnya. Musim lalu mereka membekuk Eibar di laga tandang. Musim 2011-2012, usai kalah di El Clasico pun mereka menggilas tuan rumah Sevilla 2-6. Nah, akankah Real marah di Riazor?

Dikutip Tribal Football, striker Super Depor – julukan La Coruna – Florin Andone telah berkoar bakal memanfaatkan celah Real tanpa Ramos. ”Lega dia tidak bermain, dia bek terbaik di dunia. Kami pernah mengalahkan Barca, dan kenapa tidak dengan Madrid,” sumbarnya. Dari catatan golnya, top scorer La Coruna tersebut sudah sebulan lebih tidak menciptakan gol lagi di La Liga. Sama seperti yang terjadi pada Ronaldo.

Terpisah, pelatih La Coruna Pepe Mel mengeluhkan motivasi pemainnya yang berbeda. Antara saat melawan klub besar dengan klub papan tengah ke bawah. Pada pekan sebelumnya (23/4), La Coruna tumbang di Anoeta – kandang Real Sociedad 0-1. Berbeda dengan Real, La Coruna di laga ini sudah berencana merombak skuadnya, ”Kami akan lakukan empat atau lima perubahan untuk menyegarkan skuad,” cetus Mel dikutip Marca.

Pelatih 54 tahun itu sudah menyiapkan skema untuk menyulitkan Real mencuri angka di sana. ”Kami akan berikan sesuatu yang ekstra, dan saya yakin akan menemukan Depor lainnya. Melawan klub besar, itu yang selalu jadi reaksi setiap pemain kami. Saya tahu, Real butuh tiga angka di sini, dan akan datang untuk menang,” tambahnya. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here