Home TANGERANG HUB Sandi Uno Tularkan OK-OCE di Al-Azhar

Sandi Uno Tularkan OK-OCE di Al-Azhar

0
SHARE

SERPONG-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahuddin Uno atau akrab siapa Sani Uno, mengunjungi SMA Al-Azhar BSD, Serpong, Kota Tangsel, Rabu (26/4). Kedatangan Sandi untuk memompa semangat para siswa menjadi wirausahawan.

Pihak Al-Azhar sengaja mengundang Sandi karena sosoknya dinilai piawai dalam berbisnis dan tertarik mendengar konsep One Kecamatan One Centre Entrepreneurship (OK-OCE) yang digagasnya saat kampanye pada pemilihan gubernur DKI Jakarta lalu.

Kepala SMA Al-Azhar BSD Noor Khoiruddin mengatakan, pihaknya menerapkan pola pendidikan yang dapat menarik siswa untuk menjadi pengusaha. Menurutnya, latar belakang para siswa dari kalangan ekonomi menengah atas. Sehingga, sangat menunjang pihaknya memasilitasi berbagai hal yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Banyak yang berkeinginan jadi pengusaha. Teori dan praktik entrepreneur secara terukur kita jalankan. Agar lebih menunjang, kita juga mengadakan kuliah unum dengan menghadirkan sosok yang tepat, Pak Sandiaga Uno memotivasi kita semua. Terlebih konsep OK-OCE-nya, sangat menarik,” katanya.

Saat memotivasi siswa, Sandi mengajak agar siswa mulai menjalankan proses pengembangan diri untuk mencapai target usaha yang dikehendaki. Proses pengembangan diri itu dimulai dari memperluas wawasan digital, kemampuan pengelolaan sistem online, dan memperluas jaringan. “Tak kalah pentingnya yaitu jangan takut gagal. Jadi pengusaha, ciptakan lapangan kerja buat orang banyak,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan konsep OK-OCE yang menyasar pada 5 program. Yaitu, pemberian modal dan pendampingan usaha, pelatihan usaha oleh pengusaha sukses, garansi inovasi bekerjasama dengan swasta, lulusan SMK yang langsung kerja, dan kredit khusus yang diperuntukan ibu-ibu. “Di OK-OCE akan mencetak wirausahawan baru yang memihak kepada pengusaha kelas bawah, UMKM, dan pengusaha baru,” katanya.┬áSandi juga mencontohkan keberhasilan Nadiem Makarim penggagas Gojek dan telah mepekerjakan lebih dari 200 ribu orang. Selain keuntungan, usaha juga punya dampak yang sangat baik bagi masyarakat luas.

“Nadiem Makarim lewat Gojek sudah berhasil mengurangi pengangguran di kota-kota besar. Begitu juga dengan teman saya Erick Thohir, dia hobi bisnis dan sepak bola. Sekarang sudah punya klub sepak bola besar di luar negeri,” ungkap lulusan George Washington University itu.

Sandi juga berharap para siswa SMA Al-Azhar BSD terus menjaga kegemaran dalam berwirausaha dan selalu tekun menjalaninya. Dengan ketekunan itu, para siswa diyakini dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses.

“Kalau sukses dengan usaha yang kita kerjakan maka yang otomatis kita membantu masyarakat luas dan negaranya. Tekun danbtunjukan prestasi akademik, meraih nilai yang bagus sambil melatih softskill,” imbuhnya yang nampak santai mengenakan kaus berkerah biru itu. (mg-22/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here