Home BISNIS Umrah Plus Berlibur Diminati

Umrah Plus Berlibur Diminati

0
SHARE

Lantaran antrean ibadah haji begitu panjang, masyarakat mulai beralih melakukan ibadah umrah. Peminatnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Presiden Direktur Travel Dream Tour Halid Umar Bakadam mengungkapkan, kontribusi Jawa Timur cukup besar dalam pemberangkatan jamaah haji atau umrah. ”Karena di Jatim ini banyak pondok pesantren sehingga membantu kontribusi di travel,” kata Halid setelah soft opening Dream Tour di Surabaya kemarin (2/5). Secara nasional, Jatim menyumbang kontribusi sebesar 15 persen.

Berdasar statistik visa, pada 2016 jumlah keseluruhan jamaah dari Jawa Timur yang berangkat umrah saja mencapai 100 ribu orang. ”Jadi, pasar di Jatim sendiri memang sangat besar potensinya,” ujar Halid.

Di samping itu, travel yang terdiri atas haji atau umrah dan sekaligus paket liburan juga berpotensi di Jatim. Halid menjelaskan, Dream Tour fokus di dua bidang, yaitu di konvensional yang menyediakan paket liburan dan di bidang umrah haji. Tren saat ini, masyarakat menginginkan umrah sekaligus berlibur. Dengan demikian, menurut Halid, bisnis travel two in one seperti itu juga cukup menjanjikan. Untuk umrah, Dream Tour berpartner dengan Saudi Airlines. Untuk yang konvensional, Dream Tour berpartner dengan Garuda dan pesawat berbiaya rendah seperti AirAsia.

Lesunya perekonomian dan maraknya penipuan travel tidak berimbas pada minat masyarakat untuk beribadah ke Tanah Suci. Sebab, menurut Halid, umrah menjadi sebuah kebutuhan di tengah waktu tunggu haji yang semakin lama.(car/c20/sof)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here