Home TANGERANG HUB 9 Situ Akan Disulap jadi Tempat Wisata

9 Situ Akan Disulap jadi Tempat Wisata

0
SHARE

CIPUTAT-Kota Tangsel memiliki sembilan situ yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata. Namun saat ini, situ tersebut hanya berfungsi sebagai kantong penampung air. Padahal sejuta potensi bisa dimanfaatkan dari keberadaan situ-situ tersebut. Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel Chaerudin mengatakan, akan segera memberdayakan sejumlah situ dimana saat ini masih belum optimal dalam pengelolaannya. “Kita sudah berkoordinasi kepada pemerintah pusat untuk bisa mengelola situ yang ada di Kota Tangsel,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres.

Chaerudin menambahkan, dinas akan menjadi fasilitator dan bekerjasama dengan swasta untuk menjadikan kawasan situ sebagai lokasi wisata. Ia mencontohkan seperti di Tandon Ciater yang akan ditambahkan sarana olahraga dan pentas musik. “Kita juga akan buat pemancingan ikan di situ,” tambahnya.

Pria ramah ini menjelaskan, situ yang akan diberdayakan seperti, Tandon Ciater, Situ Kayu Antap, Situ Bungur. Juga Situ Legoso, Situ Parigi, Situ Ciledug, Situ Pamulang, Situ Gintung dan Situ Rompong “Kalau situ dikelola dengan baik akan menjadi daya tatik sendiri dan bisa meningkatkan ekonomi warga,” jelasnya.

Sementara itu Camat Ciputat Timur Durrahman mengatakan, di wilayahnya ada lima situ dan beberapa tidak terkelola dengan baik. Yakni, situ Gintung, situ Bungur, situ Kuru, situ Rompong dan situ Kayu Antap. “Sekarang hanya situ Gintung dan Situ Bungur saja yang terawat,” ujarnya.

Durrahman menambahkan, citra keindahan objek situ sebenarnya bisa membuka potensi wisata yang menguntungkan bagi Kota Tangsel. Manfaat utama situ yang dibuat sejak zaman Belanda itu adalah untuk menahan air sekaligus irigasi. “Tapi, saat ini disayangkan karena hampir semua situ di Ciputat Timur tidak terawat,” tambahnya.

Menurutnya, sejumlah situ di Ciputat Timur sekarang ini masih bisa berfungsi dan dimanfaatkan menjadi objek wisata alam. Contohnya situ Gintung. Situ yang pernah menelan ratusan korban jiwa pada tahun 2009 ini sekarang tertata sebagai tempat wisata.

Selain itu, situ Bungur yang ada di kelurahan Pondok Ranji meskipun kondisinya kurang baik namun, setiap tahun diadakan kegiatan rutin. “Situ Bungur dan Rompong akan kita perbaiki supaya bisa menjadi objek wisata dan berdampak positif bagi warga,” tuturnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here