Home TANGERANG HUB Jembatan Ambles, Akses Warga Terputus

Jembatan Ambles, Akses Warga Terputus

0
SHARE

SETU-Hujan deras membuat aliran kali Salak yang melintasi wilayah Kademangan Lebak, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangsel, meluap. Akibatnya, jembatan Pesona Serpong, ambles. Wal hasil, akses warga setempat terputus.

Untuk sementara waktu, jembatan itu ditutup. Belum ada kepastian kapan jembatan itu diperbaiki. Hal ini, juga membuat warga harus memutar jalan jika hendak memuju Kademangan dan Serpong.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Retno Prawati mengatakan, tahun lalu warga sudah mengusulkan perbaikan jembatan berukuran 18,5 x 9,6 meter itu. Usulan itu pun sudah direspons, dan rencananya akan dikerjakan tahun ini. “Sekarang masih tahap lelang. Kita harap bulan Juni proses lelang selesai dan proses perbaikan dimulai. Diperkirakan, pengerjaannya enam bulan,” katanya, Minggu (7/5).

Untuk sementara waktu, jembatan yang dibangun pada 2014 lalu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel tidak boleh dilintasi oleh warga. Kepala BPBD Kota Tangsel Chaerudin menambahkan, penutupan jembatan itu untuk mengantisipasi agar jembatan itu tak ambruk saat digunakan warga.

“Kita putuskan saat meninjau lokasi kemarin agar jembatan itu ditutup. Kita khawatir jika masih dilintasi akan ambruk dan mengakibatkan korban jiwa. Warga bisa menggunakan jalur alternatif yang lain dan tak jauh dari jembatan itu,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres.

Salah seorang warga, Nawi mengatakan, kondisi jembatan itu makin bergeser dan hampir terputus saat hujan deras pada Jumat (5/5) malam. Kali yang meluap menutupi badan jembatan.

“Pas habis hujan hari Jumat kemarin makin parah rusaknya. Kalinya meluap menghantam jembatan. Jembatan ini jadi akses utama bagi warga Pesona Serpong,” ujar karyawan PT Telekom itu. (mg-22/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here