Home BISNIS Kawasan dengan Teknologi Tinggi

Kawasan dengan Teknologi Tinggi

0
SHARE

SERPONG-Sinar Mas Land memulai pembangunan kawasan berkumpulnya Start Up Company, Tech Leader dan Komunitas Digital Hub, Kamis (18/4). Untuk membangun Digital Hub di BSD City, kawasan dengan nuansa teknologi Sinar Mas Land akan mengucuran dana hingga Rp 7 triliun. Salah satu pengembang terbesar di Indonesia itu, ingin membangun kawasan setara dengan kawasan berteknologi tinggi seperti Silicon Valley, Amerika Serikat. Sinar Mas Land menggandeng NBBJ, perusahaan konsultan terkemuka dari Amerika Serikat yang kerap men-design kantor perusahaan teknologi dunia, seperti Microsoft, Amason hingga Samsung America Headquarter.

Di lahan seluas 25,65 hektare, Sinar Mas Lan membangun kawasan Digital Hub di bagian selatan Green Office Park, BSD City. “Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk mewujudkan transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city di Tanah Air. Serta menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital. Kawasan ini akan memiliki infrastruktur dengan jaringan telekomunikasi yang andal, fasilitas lengkap serta multi akses,” ungkap Michael Widjaja, CEO Sinar Mas Land Group.

Ia pun menjelaskan kawasan ini didedikasikan sebagai “Silicon Valley-nya Indonesia, khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi dan digital, mulai dari start up company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science dan industri kreatif seperti animasi film dan games. “Diharapkan kehadiran Digital Hub dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri berbasis IT dan teknologi digital, mengingat saat ini pemerintah Indonesia juga sedang fokus untuk mendorong pertumbuhan industri tersebut,” tuturnya. Keberadaan kawasan Digital Hub ke depannya akan mempercepat terbentuknya sebuah ekosistem berbasis IT dan teknologi digital seperti yang terjadi di Silicon Valley Amerika Serikat.

Digital Hub akan mengarahkan BSD City menjadi salah satu kawasan new digital economy yang akan diperhitungkan di Indonesia. Ditambahkan Dony Rahakoe, Managing Director President Sinar Mas Land, kawasan Digital Hub yang berada di BSD City ini akan memiliki beragam keunggulan. Mulai dari jaringan fiber optic hasil keria sama dengan Huawei perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan teknologi jaringan komunikasi terbesar di dunia.

“Dengan konsultan arsitektur yang berpengalaman dan mumpuni maka kawasan digital akan menjadi tempat yang nyaman bagi para pekerjanya dan dipastikan suasananya akan kental dengan nuansa teknologi,” tegasnya. Hal ini berbeda dengan nuansa lingkungan di tempat bekera biasa Lebih dalam Michael Widjaja menerangkan bahwa kawasan Digital Hub akan menjadi tempat yang ideal bagi research center, institusi pendidikan dibidang dan juga industri kreatif, serta beragam kegiatan yang berbasis IT dan teknologi Digital seperti pembangunan infrastruktur Digital Hub sendiri dimulai pada 2017 ditargetkan akan 2019 mendatang. “Keberadaan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana tersebut memperkuat peran Digital Hub sebagai lokasi sentra komunitas digital saat ini berbagai tenant di bidang IT. (bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here