Home TANGERANG HUB Pamulang Bikin Ruang Khusus Pelayanan Kependudukan

Pamulang Bikin Ruang Khusus Pelayanan Kependudukan

0
SHARE

PAMULANG-Kecamatan Pamulang boleh berbangga diri lantaran memiliki kantor kecamatan yang megah. Ini merupakan peninggalan dari Pemkot Tangsel yang pernah memakai sebagai kantor walikota dan wakil walikota sebelum memiliki Balaikota di Serua, Ciputat.

Camat Pamulang Deden Juardi mengatakan, berkat mengungsi beberapa tahun di Pamulang kini memiliki kantor Kecamatan yang megah. “Enam kantor kecamatan lain tak semegah Pamulang,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (17/5). Deden menambahkan, dengan dimiliki gedung megah tentu harus dibarengi dengan pelayanan yang baik kepada warga. Salah satunya pelayanan kependukan yang beberapa waktu lalu menempati gedung bekas bagian hukum dan BPTI.

Gedung itu setelah ditinggal Pemkot Tangsel tidak digunakan lagi. “Pelayanan kependudukan sebelumnya menggunakan bekas ruangan camat saat kecamatan Pamulang mengungsi,” tambahnya. Dengan adanya pelayanan kependudukan di kecamatan Pamulang, Deden berharap pelayanan kepada warga semakin baik dan meningkat. Gedung layanan kependudukan dilengkapi dengan fasilitas hampir sama seperti di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Tangsel.

Fasilitas itu mulai dari ruang tunggu nyaman dengan berpendingin ruangan (AC), mesin antrean dan ada petugas yang membantu. Juga disediakan minuman, dan tentunya petugas yang siap melayani dokumentasi kependudukan. “Warga bisa nyaman ngurus KTP-el, kartu keluarga, surat pindah dan lainnya. Ke depan akan kita lengkapi dengan televisi dan lainnya,” jelasnya.

Sedangkan di gedung utama kantor kecamatan Pamulang, Deden menerapkan pelayanan terpadu. Ini merupakan layanan yang dilakukan di satu lokasi, yakni di dalam kantor kecamatan. Di pelayanan terpadu warga bisa mengurus surat-surat. Seperti, surat nikah, surat waris, legalisir kartu kelauarga, izin mendirikan bangunan, surat keluar masuk dan lainnya. Ada lima petugas yang siap melayani warga. “Tiap orang bertugas sesuai bidangnya masing-masing,” tambahnya. Warga Pamulang Dessy (29) mengatakan, pelayanan di ruang layanan kependudukan Kecamatan Pamulang jauh berbeda dibanding sebelumnya. “Sekarang nyaman dan tidak harus berdesakan seperti dulu,” katanya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here