Home TANGERANG HUB Edukasi Warga Kesehatan Bayi dan Balita

Edukasi Warga Kesehatan Bayi dan Balita

0
SHARE

CIPUTAT-Sebanyak 60 peserta mengikuti lomba balita sehat tingkat Kota Tangsel. Lomba ini diadakan Dinas Kesehatan Kota Tangsel di aula rumah sakit Sari Asih Ciputat, Selasa (23/5). Tujuannya, untuk mengedukasi warga tentang pentingnya menjaga kesehatan bayi dan balita.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiawati mengatakan, lomba terdiri dari dua kategori usia. Yakni, usia 6 sampai 24 bulan dan usia 25 sampai 59 bulan. “Dan diikuti masing-masing kategori sebanyak 30 peserta,” ujarnya, kepada Tangerang Ekspres, Selasa (23/5). Iin mengatakan, peserta berasal dari perwakilan masing-masing puskesmas se-Kota Tangsel. Dimana peserta merupakan pemenang lomba balita sehat tingkat puskesmas. Kegiatan ini untuk menstimulan bayi yang rutin datang ke posyandu dan memeriksakan pertumbuhan dan kesehatan balita.

“Balita yang ikut merupakan mereka yang sudah dipantau kesehatannya di puskesmas dan posyandu,” tambahnya. Lomba balita sehat juga untuk mengedukasi kepada orangtua akan pentingnya kesehatan balita. Sehingga orangtua diharapkan memerhatikan kesehatan balita. “Kita membina warga melalui puskesmas ke warga melalui posyandu,” jelasnya. Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Listya Windyarti mengatakan, lomba balita sehat bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan bayi dan balita. “Juga memberikan pelajaran kepada warga tentang pentingnya kesehatan terutama bagi bayi dan balita,” katanya.

Lisyta menambahkan, anak-anak merupakan amanah yang harus dijaga dan dilindungi. “Kesehatan anak harus dijaga supaya prima dimulai sejak dini, sehingga mereka tumbuh kuat dan berkualitas,” terangnya. Sementara itu Kasi Kesehatan Keluarga pada Dinkes Tangsel Eni Rohaini mengatakan, ada beberapa kategori yang dinilai dalam lomba balita sehat ini. Mulai dari pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan gigi, status anak, status ibu, psikologi anak. “Juga status perkawinan, tinggi balita, tumbuh kembang dan berat badan,” ujarnya.

Eni menambahkan, pada lomba ini Dinkes melibatkan kader PKK, SKPD lain dan RSU Tangsel sebagai dewan juri. Masing-masing kategori diambil juara 1 sampai 3, juara harapan 1 sampai 3 dan juara favorit. “Pemenang mendapat hadiah uang, piala dan souvenir. Juga tiap peserta dapat sertifikat dan piala sebagai kenang-kenangan dan apresiasi Dinkes,” tambahnya. Pemenang tiap kategori akan mewakili Kota Tangsel dalam lomba balita sehat tingkat provinsi Banten yang digelar bulan Juli mendatang. “Jika beruntung, pemenang akan mewakili provinsi Banten ketingkat nasional,” tuturnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here