Home TANGERANG HUB PD Pasar Siapkan Operasi

PD Pasar Siapkan Operasi

0
SHARE

TANGERANG – Menjelang ramadan, persediaan sembako di pasar yang ada di Kota Tangerang dinyatakan aman. Stok tersebut, bakal mencukupi hingga perayaan hari raya Idul Fitri. Namun, yang perlu diwaspadai harganya yang cenderung naik. Kenaikan harga diperkirakan akan terus berlangsung hingga menjelang lebaran.

Seperti bawang putih yang kini menyentuh harga Rp40 – Rp45 ribu tiap kilogramnya. Hal itu dipengaruhi karena kurang lancarnya distribusi. Direktur PD Pasar, Titin Mulyati mengatakan, bawang putih yang beredar di pasaran merupakan impor dari Cina.

“Cukup panjangnya jalur distrubusi  dari negara asalnya, menyebabkan komoditi ini memiliki nilai jual tinggi,” tutur Titin. Daging ayam broiler, juga sebelumnya sudah mengalami kenaikan harga. Dua minggu yang lalu, harganya dikisaran Rp40 ribu per kilogram. Harga jual pasaran sekarang Rp43 –Rp45 ribu.

Harga jual telur ayam juga sudah mengalami kenaikan. Dua pekan lalu harganya masih di bawah Rp20 ribu, kini mencapai harga Rp22 ribu. “Harga jual barang yang disebut di atas, sekarang cenderung stabil. Namun perlu diwaspadai dengan kenaikan harga daging sapi,” terang Titin.

Meski stok di gudang Bulog relatif aman hingga lebaran, biasanya para pedagang menaikan harga. Saat ini harga daging sapi di pasaran, rata-rata dijual Rp120 ribu per kilogram. “Akan kami antisipasi, melalui koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) dan Dinas Ketahanan Pangan,” ujar titin.

Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan melaksanakan operasi pasar. Supaya bisa mensetabilkan harga bila ada kenaikan. “Kami pastikan, persediaan bahan pokok di pasaran terjamin ketersediaannya,” tandas Titin. (tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here