Home OLAHRAGA Fokus Latihan di Bulan Puasa

Fokus Latihan di Bulan Puasa

0
SHARE

Posisi Persita di puncak klasemen sementara Grup 2 kompetisi Liga 2 dengan nilai 12 membuat Pendekar Cisadane waspada menghadapi lanjutan pertandingan pada 8 Juli nanti. Namun demikian tidak ada persiapan khusus yang dijalani tim Ungu saat pemain menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan 1438 Hijriah.

Saat ini skuat Persita masih menjalani libur latihan usai meraih kemenangan atas Persika Karawang (21/5) dan akan kembali menjalani latihan, Selasa (30/5) sore. Libur lebih dari sepekan ini akan dilanjutkan dengan program latihan rutin yang lebih mengutamakan penataan fisik selama puasa.

“Kami hanya akan memberikan latihan yang sifatnya maintenance (menjaga kondisi, red) fisik pemain. Kita akan berikan menu agar fisik pemain tetap stabil seperti sebelum libur kompetisi, jadi saat libur selesai fisik pemain mudah untuk kita tingkatkan lagi,” jelas Wiganda Saputra Asisten Pelatih Persita.

Menu latihan yang bakal diberikan kepada Heru Setyawan dkk kata Gandul dipastikan hanya berupa latihan ringan yang berisi variasi teknik dan taktik.

Pada latihan selama puasa, intensitas dan volume latihan akan dikurangi sehingga tak terlalu melelahkan buat pemain yang berpuasa tapi tetap dapat menjaga kondisi fisiknya dan tidak melunturkan kemampuan teknik dan taktik. Bahkan ungkap Gandul, sapaan Wiganda Saputra, Pelatih Kepala Persita Bambang Nurdiansyah merancang dua laga ujicoba pada saat bulan Ramadan. Salah satu lawan ujicoba yang akan dihadapi ungkap Gandul adalah Serang Jaya.

“Ini bagian dari program latihan yang bertujuan agar kemampuan dan sentuhan pemain akan bola tak hilang. Kita tetap asah semangat pemain dalam bertanding,” ungkap eks bek timnas Primavera itu.

Sementara soal kondisi pemain, Gandul cukup optimis pemain yang semula mengalami cedera akan pulih saat puasa nanti. Libur kompetisi selama lebih dari sebulan akan memudahkan proses penyembuhan sehingga saat kompetisi dimulai semua pemain tim Ungu dalam kondisi fit semua.

Sebelum menghadapi Persika, Bambang Nurdiansyah mengkhawatirkan kondisi dua pemain utama yakni Sirvi Arvani dan Egi Melgiansyah yang mengalami cedera otot. Namun jelang menghadapi Persika kondisi keduanya pulih meski belum 100 persen.

“Sirvi masih mengalami nyeri saat pertandingan, Egi sudah bisa main tapi belum maksimal. Libur puasa saya yakini akan memulihkan kondisi cedera yang dialami keduanya, termasuk kondisi Agung (Sulaiman, red) yang kembali mengalami cedera saat latihan,” ungkapnya. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here