Home TANGERANG HUB Tiket Kapal Bisa Dibeli Online

Tiket Kapal Bisa Dibeli Online

0
SHARE

TANGERANG: Antrean panjang selalu terjadi di Pelabuhan Merak, pada setiap musim Lebaran. Kemacetan panjang hingga pintu tol Cikuasa atau 2 kilometer dari pelabuhan Merak. Untuk mengurangi kemacetan, PT ASDP Indonesia Ferry menjual tiket kepala secara onlone mulai 1 Juni kemarin.

Rizki Dwianda, Vice Presiden Services and Assurance PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengatakan, bagi pemudik yang hendak menuju Sumatera melalui pelabuhan Merak, bisa memesan secara online di tiket.indonesiaferry.co.id. “Kalau ini berjalan efektif, antrean panjang yang terjadi pada tahun lalu, tidak akan terjadi,” jelasnya di Tangerang akhir pekan kemarin.

Pemesan tiket online ini, metodenya, sama dengan memesan tiket pesawat terbang. Warga yang memesan, cukup mengisi data-data yang sudah disediakan di website. “Pemesan kami beri waktu 24 jam untuk membayar tiket melalui rekening bank. Penumpang yang sudah memesan tiket secara online dan membayar, akan menerima QR code yang tinggal ditunjukan ke petugas untuk masuk ke dalam pelabuhan,” jelasnya.

Bukti transaksi sudah membayar akan dikirim balik ke pemesan melalui email. “Bukti sudah membayar tiket itu, bisa di-print atau cukup ditunjukkan dari HP kepada petugas,” paparnya.┬áRizki menjelaskan, meski sudah menjual secara online, tetap akan menjual secara manual. Namun, PT ASDP akan menyediakan gerbang khusus bagi warga yang sudah memiliki tiket online. “Jadi tidak disatukan. Ada gerbang khusus bagi pemegang tiket online,” lanjutnya.

Ia menegaskan, memang penjualan online ini sosialisasinya belum masif. Sehingga PT ASDP tetap akan menjual secara manulai di rest area jalan tol di sekitar wilayah Serang dan Cilegon. “Kami akan bekerja sama dengan PT Marga Mandala Saksi (MMS) untuk penjualan di rest area ini,” ungkapnya.

Jalan tol Tangerang-Merak akan menjadi jalur mudik yang sangat padat. Saat ini, disejumlah ruas sedang berlangsung proyek perbaikan jalan. Di lokasi pembangunan ini, sering terjadi kepadatan kendaraan. Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, sedang mengebut penyelesian perbaikan jalan. Wakil Presiden PT ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak Sunarto Sastrowiyoto, memastikan proyek perbaikan jalan akan selesai sepuluh hari sebelum arus mudik Lebaran.

“Saya pastikan H-10 Lebaran, sudah tidak ada lagi proyek perbaikan jalan,” tegasnya. Untuk memantau arus di jalan tol mulai dari Cikupa hingga Merak, pengelola sudah menambah banyak kamera CCTV. “Kami bekerjasama dengan Polda Banten untuk memperlancar arus lalu lintas termasuk, rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan,” paparnya. (rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here