Home BISNIS Citilink Siapkan 86.400 Kursi Tambahan

Citilink Siapkan 86.400 Kursi Tambahan

0
SHARE

Menghadapi puncak arus mudik lebaran 2017, Citilink Indonesia menyediakan penerbangan tambahan (ekstra flight) untuk rute-rute tertentu. Seperti misalnya, Jakarta-Malang (PP), Surabaya-Jogjakarta (PP) dan Jakarta-Jogjakarta (PP).  Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo merinci, ada sekitar 240 penerbangan tambahan yang disiapkan pihaknya. Dari jumlah tersebut, tersedia sekitar 86.400 kursi yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk kembali ke kampung halaman.  “Untuk rute-rute favorit seperti Jakarta menuju Denpasar, Padang,  dan Jogjakarta bahkan nanti ditambah 2-3 penerbangan setiap harinya” ujarnya di Jakarta, Selasa  (6/6).

Jumlah tersebut akan dioptimalkan pada puncak arus mudik di tanggal tanggal 16 – 24 Juni dan arus balik Lebaran,  pada 27 Juni – 2 Juli 2017. Saat ini sendiri, Citilink telah mengantongi persetujuan untuk 51.480 extra seat untuk dari Kementerian Perhubungan.  “Sisanya diharapkan bisa terealisir sebelum Lebaran nanti,” katanya.

Pada angkutan lebaran tahun ini, kata dia,  Citilink akan mengoperasionalkan sebanyak 49 unit pesawat Airbus A320. Termasuk di dalamnya empat buah pesawat Airbus seri terbaru yaitu A320NEO. Citilink jadi maskapai Indonesia pertama yang menggunakan pesawat jenis terbaru ini.   “Ke depannya, kami berencana mendatangkan 35 unit A320 Neo hingga tahun 2021,” ungkapnya.

Juliandra menyatakan, seluruh pesawat telah dilakukan ramp check guna memastikan bahwa aspek keselamatan dan keamanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) penerbangan sipil yang berlaku. Kegiatan ini juga rutin dilakukan setiap harinya.  “Kegiatan ramp check ini salah satu wujud konsistensi kami untuk memprioritaskan kenyamanan serta keamanan seluruh penumpang kami,” tuturnya.  Pada angkutan lebaran tahun ini,  jumlah penumpang angkutan udara diperkirakan mencapai 5,5 juta penumpang. Jumlah ini naik 9,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2016, yang mengangkut 4,9 juta penumpang. (mia/JPK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here