Home TANGERANG HUB Kenaikan Harga Diawasi Polisi

Kenaikan Harga Diawasi Polisi

0
SHARE

TANGERANG – Jangan coba-coba berani menaikkan harga, karena akan berurusan dengan polisi. Sepanjang ramadan ini, polisi ikut mengawasai harga-harga kebutuhan pokok di pasaran bekerjasama dengan Bulog dan Dinas perindustrian dan Perdagangan. Memastikan harga di pasaran, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Harry Kurniawan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Tanah Tinggi, Kamis (8/6). Sidak dilakukan guna mengawasi harga-harga sekaligus meninjau ketersediaan stok barang.

“Sore hari ini (kemarin,red) bersama dengan kepala pasar induk dan pemerintah Kota Tangerang melakukan pengecekan harga di Pasar Induk Tanah Tinggi,”ucap Kapolres. Pengecekan dilakukan terhadap harga bawang merah, bawang putih, dan cabai.“Tahun lalu harga bawang merah, bawang putih dan cabai  melambung tinggi. Namun tahun ini kita upayakan tidak ada kenaikkan harga yang drastis,”ucapnya. Tambahnya, dihari ke-13 bulan puasa ini, harga masih relatif stabil. Terkait potensi penimbunan, Harry memastikan bahwa tidak ada indikasi penimbunan sejauh ini.

Bagus, Manager Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas), Pasar Induk Tanah Tinggi mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyediakan stok bawang putih sekitar 22 ton. “Stok tersebut saya prediksi akan habis dalam dua atau tiga hari kedepan,”ucap Bagus. Sejauh ini pendataan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang harga kebutuhan pokok masih stabil. Seperti yang disampaikan Junijar, Kepala Bidang Perdagangan bahwa harga sembako di tujuh pasar milik Pemkot Tangerang terjaga stabil, Ia menjamin tidak ada pihak yang melakukan pelanggaran.“Saat ini masih stabil, tapi kalau nanti ada laporan harga yang naik dan terbukti melakuan pelanggaran akan langsung kita tindak,”ucapnya.

Pihaknya mengaku bekerja sama dengan kepolisian dan Bulog dalam mengawal harga kebutuhan barang pokok selama bulan puasa sampai lebaran.“Kita sudah punya tim sendiri yang setiap hari bergerak untuk mengamati harga di pasar. Tidak hanya pasar, kita juga memantau harga di minimarket,”tukasnya.

Pantauan Tangerang Ekspres di Pasar Taman Cibodas, harga daging ayam dijual seharga Rp 50 ribu per ekor  dan daging sapi seharga Rp 120 ribu perkilogram. Harga tersebut jauh dari harga yang sudah ditentukan Disperindag yakni untuk daging ayam Rp 29 ribu dan daging sapi Rp 78 ribu.  Sementara untuk bawang putih dipatok diharga Rp 45 ribu dari harga pemerintah Rp 35 ribu dan telur ayam Rp 21 ribu dari harga yang diusulkan Rp 20 ribu per kilogramnya.

Emi, salah seorang pembeli tidak menyoalkan dan memaklumi kenaikan harga selama bulan puasa hingga Lebaran nanti.“Harga naik nggak masalah, selama kenaikan harganya masih sebatas normal dan masuk akal,”tukasnya. Terkait harga yang dikeluarkan oleh pemerintah ia mengaku tidak tahu menahu soal itu. “Saya nggak tahu kalau memang ada harga yang dicanangkan pemerintah, tapi ya sudahlah semoga pemerintah kali ini bisa lebih serius menangani,”tutupnya.  (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here