Home BISNIS Operator Tambah Kapasitas Traffic

Operator Tambah Kapasitas Traffic

0
SHARE

PT Indosat Ooredoo memprediksi ada tambahan jumlah pelanggan 3,5 juta orang di Jawa Timur pada momen Lebaran 2017. Penambahan jumlah pelanggan terkonsentrasi di beberapa area, kecuali Surabaya. Head of Region East Java, Bali, & Nusra PT Indosat Ooredoo Soejanto Prasetyo menyatakan, di Surabaya justru terjadi penurunan jumlah pelanggan karena penduduk Surabaya mudik ke kota lain. Traffic layanan komunikasi di Surabaya pun menurun 10–15 persen. ’’Jadi, kami justru siapkan upgrade kapasitas di area penyangga Surabaya,’’ ujarnya setelah acara buka puasa bersama Indosat Ooredoo dan media kemarin (9/6).

Di Madura, layanan komunikasi mengalami kenaikan permintaan 35–40 persen. Puncak penambahan jumlah pelanggan biasanya terjadi saat H-5 hingga H+5 Lebaran. ’’Setelah itu, tidak berarti tambahan 3,5 juta pelanggan ini akan pergi. Biasanya, masih ada yang tetap tinggal di Jatim sekitar 400 ribu pelanggan,’’ jelasnya. Jumlah pelanggan bisa bertambah lantaran akuisisi pelanggan baru maupun datangnya pelanggan existing dari kota lain yang aslinya berasal dari Jawa Timur (Jatim). Jumlah pelanggan Indosat Ooredoo saat ini mencapai 11 juta pelanggan per hari di Jatim.

Indosat Ooredoo memperkirakan pesan singkat (SMS) tetap mengalami kenaikan permintaan 11 persen pada momen Lebaran. Untuk telepon, permintaan bisa naik 25 persen dan data 65 persen. Selain Indosat Ooredoo, PT Telekomunikasi Selular memprediksi adanya tambahan jumlah pelanggan 5 juta orang pada momen Lebaran untuk wilayah Jawa, Bali, dan Nusra. ’’Paling banyak tambahan memang ada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur,’’ ungkap Executive Vice President Telkomsel Area Jawa–Bali Ririn Widaryani.

Para pemudik biasanya bertahan di kampung halaman selama 10 hari sehingga permintaan layanan komunikasi terdongkrak. Karena itu, Telkomsel menambah 121 BTS di Jatim. Penambahan tersebut didominasi layanan 4G LTE dan terkonsentrasi di sejumlah point of interest. Misalnya, Telaga Sarangan (Magetan), Pantai Boko (Pacitan), serta penambahan jaringan LTE di puncak Bromo dan Pasir Berbisik. (vir/c14/noe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here