Home OLAHRAGA STIMULAN SAMPAOLI

STIMULAN SAMPAOLI

0
SHARE

MELBOURNE – Kehadiran Jorge Samapoli di kursi nahkoda Argentina benar-benar memberikan stimulan semangat bagi Lionel Messi dkk. Terbukti Sampaoli langsung memberikan kemenangan dalam pertandingan debutnya di Melbourne Cricket Ground (MCG), kemarin (9/6).  Argentina menang tipis 1-0 atas rival klasiknya Brasil. Gol tunggal Argentina kemarin dicetak oleh Gabriel Mercado, anak buah Sampaoli musim 2016-2017 lalu di Sevilla. Kemenangan kemarin jelas memberikan euforia buat para Argentinos. Sebab sebelum laga kemarin, diantara lima pertemuan sebelumnya tak satu kalipun juara dunia 1978 dan 1986 tersebut menang atas Brasil. Sedang buat Brasil walau labelnya ujicoba hancur sudah rekor perfeito pelatih Brasil Adenor ‘Tite’ Leonardo Bacchi. Sejak duduk di kursi pelatih Brasil Juni tahun lalu diantara sembilan laga sebelum kemarin senantiasa dilalui dengan kemenangan.

Setelah pertandingan Sampaoli kepada Goal kemarin mengatakan sudah bisa menilai seberapa besar tekad anak asuhnya untuk menang. Meski tidak bermain indah akan tetapi kemenangan tetap menjadi tetenger penting. Terutama mengatrol mental bertandin Argentina untuk berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2018. “Dengan masa persiapan yang sangat sempit namun ada momen dalam pertandingan ini dimana pemain mencoba menerjemahkan apa ide yang saya berikan kepada mereka. Jadi saya menilai sejauh mana pemain berusaha untuk melakukan hal itu,” beber pria berusia 57 tahun itu.

Mantan pelatih Sevilla dan timnas Cile tersebut dalam laga kemarin mengutak-atik formasi 3-4-3 menjadi 3-4-2-1. Gonzalo Higuain dipasang sebagai targetman dengan ditopang Lionel Messi dan Paulo Dybala di belakangnya. Sedang empat gelandang yang bermain di lini tengah Argentina adalah Jose Luis Gomez, Lucas Biglia, Ever Banega, dan Angel Di Maria. Kemudian back three Nicolas Otamemdi, Jonathan Maidana, dan Mercado. Dibandingkan Brasil yang sudah mapan di bawah arahan Tite, Argetina memang kurang tenang dalam mengeksekusi peluang. Brasil tercatat punya beberapa peluang ciamik ketimbang Argentina.

Misalnya pada menit ke-22, kapten Brasil Philippe Coutinho yang sudah one on one dengan kiper Argentina Sergio Romero gagal mengeksekusi peluang tersebut. Kemudian pada menit ke-62 pun Brasil belum mujur. Penyerang Brasil yang membela Manchester City Gabriel Jesus tendangannya terkena tiang kanan Romero. Bola rebound tersebut kemudian disambar gelandang Brasil Willian, eh kali ini terkena tiang gawang sisi kiri.

“Kemenangan ini sangat menstimulasi kami karena berhasil menang atas Brasil juga akan sangat membantu pada masa mendatang. Kami harus sabar untuk mencapai permainan terbaik kami,” kata Sampaoli kemarin. Sementara itu, penyerang Brasil Gabriel Jesus harus ditarik keluar setelah terkena sikut bek Argentinan yang juga rekan setimnya Nicolas Otamendi. Jesus ditarik keluar dan digantikan Taison pada masa injury time (90+2′). “Gabriel mengalami cedera pada wajahnya, saya tak mengerti seberapa serius namun yang jelas dia dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” ucap Tite kepada Reuters. Dunia maya pun kemudian berkomentar kalau pelatih City Josep Guardiola akan mendamprat Otamendi jika Gabriel cedera serius. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here