Home TANGERANG HUB 2.516 Warga Daftar Mudik Gratis

2.516 Warga Daftar Mudik Gratis

0
SHARE

SERPONG-Pendaftaran mudik gratis di posko pendaftaran Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel telah ditutup. Mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan dibanjiri pendaftar. Tercatat, sebanyak 2.516 warga Tangsel bersiap ikut mudik gratis ke berbagai kota tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sebanyak 2.516 calon pemudik tersebut terbagi menjadi dua program mudik gratis. Yakni, program mudik dengan sepeda motor, dan mudik gratis 1.000 bus yang dikhususkan untuk penumpang. Ketua Posko Pendaftaran mudik dengan motor Arie Kurnia menjelaskan, warga yang mendaftarkan diri sebanyak 368 motor dengan jumlah penumpang sebanyak 824. Sisanya, merupakan pemudik yang tidak menggunakan motor. Sejak Jumat (9/6) kemarin, kata Arie, pendaftaran bagi pemudik dengan motor sudah ditutup.

“Tiap satu pendaftar mudik dengan motor sama dengan tiga penumpang. Seorang pengendara, kepala keluarga, anak dan istri. Motor yang telah didaftarkan selanjutnya diserahkan ke panitia di Perum Bulog di Kelapa Gading Jakarta pada 9 Juli nanti. Motor akan diangkut dengan truk ke terminal kota tujuan masing-masing pemudik,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (11/6). Namun, kedua posko pendaftaran mudik masih dibuka untuk keperluan registrasi ulang dan pengambilan tiket.

Sementara itu, Ketua Pendaftaran mudik dengan bus Bulan Sekar menambahkan, 767 warga telah mendaftarkan diri dengan jumlah penumpang sebanyak 1692. Menurutnya, selama membuka pendaftaran, tak ada batasan bagi warga yang hendak mengikuti mudik gratis yang secara bersama diberangkatkan dari Pantai Karnaval Ancol Senin (19/6) nanti. “Lebih banyak yang mendaftar dengan bus. Karena tak perlu repot mendaftarkan motornya juga. Tak ada kuota bagi pendaftar selama masa pendaftaran,” ungkap wanita 20 tahun itu.

Ia juga memastikan tak akan ada penumpang yang batal mudik karena tak mendapat kursi. Sebab, kapasitas 55 kursi tiap bus hanya diperuntukan bagi 45 penumpang. “Jadi kita tiap kapasitas bus nya masih ada sisa 10 kursi untuk mengantisipasi penumpang yang tak mendapat kursi karena kemdala teknis,” tambahnya.

Menurut Bulan, kota yang menjadi daerah tujuan pemudik kebanyakan Yogyakarta dan Solo. Untuk wilayah Jawa Barat, kota tujuan pemudik rata-rata Tasikmalaya. Sejak dua hari lalu, pos pendaftaran yang dikelola Bulan bersama ketiga rekannya itu hanya melayani pemudik yang hendak mengambil tiket.

“Setelah penutupan pendaftaran, sejak tanggal 10 sampai dengan 15 Juni, kita melayani pengambilan tiket. Setelah tiket diambil penumpang tinggal datang ke Ancol. Pemberangkatan mudik gratis dengan bus dilakukan selama 4 hari, 19 Juni sampai dengan 23 Juni,” imbuh Bulan yang juga Mahasiswi Universitas Pamulang. (mg-22/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here