Home OLAHRAGA Berburu Dua Juara Baru

Berburu Dua Juara Baru

0
SHARE

JAKARTA –BCA Indonesia Open Super Series Premier (BIOSSP) 2017 masih menjadi salah satu turnamen terbaik di kolong jagad. Pada edisi kali ini, perburuan gelar juara akan fokus di dua nomor yang dipertandingkan. Yakni ganda putra dan ganda campuran. Juara ganda putra, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seon dan Xu Chen/Ma Jin (ganda campuran) tahun ini absen dari turnamen yang berhadiah Rp.13,5 Miliar tersebut. Sebagaimana diketahui, Yong-dae/Yeon-seon dan Ma Jin saat ini sudah memutuskan pensiun.

Kesempatan ini seharusnya menjadi peluang buat pebulutangkis tanah air memperlihatkan kemampuan terbaiknya. Di ganda pura, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan menjadi tumpuan ganda putra. Sedangkan di ganda campuran, Indonesia masih mengandalkan dua pasangan terbaik Pelatnas, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

Khusus Praveen/Debby keduanya mengaku sudah siap turun di turnamen tahun ini. Sempat drop sebelum turuan di Sudirman Cup Mei lalu, Praveen saat ini sudah menjalankan program penuh dari pelatih mereka Richard Mainaky. ”Kalau sekarang 100 persen siap, tinggal benerin strategi bareng ci Debby,” sebutnya.

Sedangkan Debby terus mematangkan aspek power dia. ”Terutama saat untuk menganttisipasi bola depan,” timpalnya. Dalam latihan sepekan terakhir, Debby mendapatkan porsi drill oleh Richard. ”Sudah mulai terasa, semoga di pertandingan bisa makin mantap,” lanjutnya.

BIOSSP 2017 kali ini juga menjadi pembuktian para pebulutangkis tanah air di nomor tunggal putra dan tunggal putri. Sebab, sejauh ini, belum ada prestasi yang ditorehkan para pebulu tangkis di nomor tersebut. Terakhir hanya Jonatan Christie yang bisa menembus babak final Thailand Open Grand Prix Gold 2017.

Sedangkan di Syed Modi Badminton Championship tunggal putri mampu menempatkan tiga wakilnya di semifinal. Sayangnya, Gregoria Mariska Tunjung yang melaju ke final tumbang di tangan wakil India, Pusarla Venkata Sindhu. Sementara itu, babak kualfikasi akan berlangsung mulai hari ini di plenary Hall JCC. Sejumlah pebulu tangkis tanah air harus berjuang dari babak tersebut. Misalnya, Ihsan Maulana Mustofa, Sony Dwi Kuncoro, hingga pasangan veteran Hendra Setiawan/Tan Boon Heong juga harus melalui babak tersebut.

Tai Tzu Ying, juara bertahan tunggal putri tahun lalu menyikapi dengan bijak keikjutsertaannya di BIOSSP tahun ini. Catatan mulus dia perlihatkan sejak Hongkong Open November 2016. Sejak saat itu, dia tidak pernah mengalami kekalahan. Bahkan, yang bersangkutan kini berada di posisi pertama tunggal putri dunia dengan 94989 poin. ”Sama dengan tahun lalu, saya mencoba beri yang terbaik,” ungkapnya dalam konferensi press. Dia pun gak mau banyak berpikir terkait BIOSSP, itu semata biar tidak membebani dia dalam pertandingan. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here