Home NASIONAL Gus Ipul di Atas Angin

Gus Ipul di Atas Angin

0
SHARE

JAKARTA – Poltracking Indonesia merilis survei terbaru terkait kandidat potensial Pilgub Jatim, dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6). Hasil dari survei yang dilakukan pada 19-25 Mei 2017 dengan metode stratified multistage random sampling terhadap 800 respoden dan margin of error 3,5 persen, sudah bisa ditebak.

Dari paparan hasil survei yang disampaikan Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, ada empat kandidat yang dijagokan, satu di antaranya sebagai calon wakil gubernur. “Jika Pemilihan Gubernur Jawa Timur dilaksanakan sekarang (simulasi 18 kandidat), maka Saifullah Yusuf merupakan kandidat yang paling diinginkan publik untuk menjadi Gubernur Jawa Timur,” kata Hanta Yuda.

Dalam rilis yang juga dihadiri Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, juga diperoleh nama yang paling diinginkan sebagai calon kandidat wakil gubernur, yakni Abdullah Azwar Anas (22,81 persen).

Gus Ipul, sapaan Saifullah sebenarnya tidak unggul mutlak. Sebab, ada dua kandidat yang menjadi pesaing beratnya dari survei tersebut, yakni Tri Rismaharini dengan elektabilitas 27,08 persen dan Khofifah Indar Parawansa (19,11 persen). Di bawahnya lagi ada Abdullah Azwar Anas (8,47 persen). Dari sisi popularitas dan akseptabilitas pun, tiga nama yaitu Saifullah Yusuf, Tri Rismaharini dan Khofifah bersaing cukup ketat. Namun Gus Ipul paling diinginkan menjadi Gubernur dan Azwar Anas sebagai wakil.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meningkatkan komunikasi dengan sejumlah partai lain, setelah resmi mengusung Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf sebagai calon Gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2018. Menurut Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, langkah tersebut dilakukan agar pencalonan Gus Ipul nantinya semakin menguat. “Kami masih menjajaki dengan semua kalangan, termasuk menunggu koalisi dengan partai-partai lain. Kami berharap Ketua DPD PKB Jatim sudah komunikasi intensif dengan PDIP dan Demokrat,” ujar Muhaimin.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini juga mengatakan, partainya sampai saat ini juga belum menentukan siapa nama bakal calon Wakil Gubernur yang nantinya akan mendampingi Gus Ipul. Menurutnya, nama calon wakil akan diserahkan pada partai-partai yang nantinya mau berkoalisi dengan PKB di Pilkada Jatim.

Karena itu tidak tertutup kemungkinan Gus Ipul nantinya bakal didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini maupun Bupati Banyuwangi Azwar Anas sebagai calon wakil gubernur. “Menyangkut nama, kami akan menyerahkan ke partai-partai yang akan bergabung. Karena itu komunikasi terus dilakukan, saat ini masih penjajakan,” ucap Cak Imin. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here