Home OLAHRAGA MotoGP Catalunya, Dovi Back To Back

MotoGP Catalunya, Dovi Back To Back

0
SHARE

Luar biasa, itulah yang tepat menggambarkan aksi pebalap Ducati Andrea Dovizioso yang sukses meraih gelar juara MotoGP Catalunya, Barcelona, Minggu (11/6) malam WIB. Aksi impresif Dovizioso di MotoGP Catalunya adalah mengasapi dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa usai start dari posisi tujuh.

Sukses ini membuat Dovizioso mencatatkan back to back. Dia berhasil memenangkan dua seri beruntun, MotoGP Italia, pekan lalu (4/6) dan MotoGP Catalunya. Pada MotoGP Catalunya, Dovizioso unggul 3,544 detik dari pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez yang berada di posisi kedua. Kemenangan tersebut membuat Dovizioso mengancam pemuncak klasemen MotoGP, Maverick Vinales.

Saat ini. Dovizioso berada di posisi kedua dengan 104 poin. Pembalap Italia itu hanya tertinggal enam poin dari Vinales. Rider Movistar Yamaha itu hanya menambah enam poin di Catalunya, dia hanya finis di posisi kesepuluh. Sedangkan Valentino Rossi harus rela turun ke posisi kelima. Dia sudah dilewati dua rider Repsol Honda Team, Marc Marquez yang berada di posisi ketiga (88 poin) dan Dani Pedrosa (84 poin). Rossi hanya terpaut satu poin dari Pedrosa.

Posisi Rossi juga terancam dari rider debutan MotoGP, Johann Zarco. Pembalap Monster Yamaha Tech 3 itu sudah mengemas 75 poin. Pada lomba kemarin, Pedrosa yang memulai start dari urutan pertama sempat dilewati Jorge Lorenzo. Lorenzo memimpin sampai putara kelima, sebelum kemudian dilewati Marquez. Marquez lantas didahului oleh Pedrosa.

Di titik itu, Dovizioso yang tak pernah jauh dari barisan terdepan sudah berada di posisi dua. Dia menguntit Pedrosa selama sembilan putaran hingga akhirnya menyerang dan melewatinya di putaran ke-16.

Setelah itu Dovizioso melesat dan membuka jarak. Marquez, setelah melewati Pedrosa, coba mengejarnya tapi kesulitan menyamai kecepatan Desmosedici GP17. Dovizioso nyaman memimpin balapan di tiga putaran tersisa dengan jarak hampir dua detik. Diikuti Marquez dan Pedrosa yang sudah saling berjauhan. Dua putaran tersisa, Petrucci terjatuh dan kehilangan posisi lima. Sementara itu Dovizioso sudah hampir tak terusik lagi di depan. Dovizioso akhirnya finis terdepan, disusul Marquez dan Pedrosa. Lorenzo finis keempat, diikuti Zarco, Folger, Bautista, Rossi, Bautista, dan Vinales. (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here