Home TANGERANG HUB Mensos Semangati Warga Binaan

Mensos Semangati Warga Binaan

0
SHARE

TANGERANG – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak dan Wanita Klas II B Tangerang, Senin (12/6). Kunjungan tersebut sebagai silaturahmi ramadan sekaligus memberikan semangat kepada warga binaan. “Ini merupakan bentuk kegiatan silaturahmi bersama dengan rombongan muslimat Nahdatul Ulama dalam rangka bakti sosial,” tuturnya.

Dikatakan, ia sudah melakukan kegiatan semacam ini selama 13 tahun. Kunjungannya diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi. “Warga binaan memerlukan andil masyarakat dan petugas dalam membangun kembali dirinya. Ini supaya Jangan sampai melakukan pelanggaran lagi sehingga mereka mendapatkan hukuman kembali,” tutur Khofifah. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 225 warga binaan perempuan yang mayoritas tersandung kasus narkotika. Khofifah mengigatkan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan di dalam Lapas untuk mewujudkan harapan mereka.

Beberapa napi diminta untuk menulis harapan mereka di kertas setelah keluar dari Lapas. Kebanyakan narapidana ingin membahagiakan keluarga dan menjadi pribadi yang lebih baik. Hal tersebut bisa dicapai dengan dengan menempuh cara yang benar yakni mengembangkan kemampuan dan keterampilan. Beberapa isi dari harapan narapidana bisa pulang berkumpul dengan keluarga dan mau jadi orang yang lebih baik dan berguna, terus menatap dan memiliki masa depan yang baik dan tidak ingin berpisah dengan keluarga.

“Bagaimana memaksimalkan harapan tersebut ketika berada disini (penjara,red). Berkumpul bersama keluarga menjadi satu hal yg bahagia dan didambakan semua narapidana,” tambahnya. “Ada proses menyadari kesalahan selama dibina di sini. Banyak pertemanan yang tidak disadari, sehingga akhirnya yang buruk mengantar kita kejalan yang menjerat. Maka pintar-pintar memilih teman,” pesan Khofifah.

Enny Purwaningsih, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten mengapresiasi kedatangan menteri sosial. “Saya merasa senang dan terhormat karena mendapat prioritas bisa dikunjungi ibu menteri sosial,” tukasnya. Selain itu juga turut dilakukan kunjungan ke Lapas Anak Pria Klas I Tangerang. Di sana, Khofifah hanya sempat menyaksikan persembahan alunaan musik angklung dari warga binaan.(mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here