Home OLAHRAGA Pertama dari Benua Asia

Pertama dari Benua Asia

0
SHARE

TEHERAN – Trofi Piala Dunia mini sudah disiapkan para ofisial Iran di bangku pemain pinggir lapangan. Pesta sepakbola terakbar itu memang masih tahun depan di Rusia, namun tak ada salahnya melakukan selebrasi kecil saat ini.

Begitu wasit Ahmed Al-Kaf asal Oman meniupkan peliut panjang tanda laga Iran versus Uzbekistan berakhir kemarin (13/6) bersoraklah ribuan pendukung Masoud Shojaei dkk di Stadion Azadi. Iran menang 2-0 atas Uzbekistan dan lolos Piala Dunia buat kelima kalinya.

Pelatih Iran Carlos Queiroz berlari masuk lapangan dan membawa trofi Piala Dunia mini tersebut dengan tangan teracung. Wajah Quieroz sangat girang. Ekspresi yang mirip kala bocah laki-laki mendapat kado mainan mobil-mobilan.

Dua pemain Iran Saeid Ezatolahi dan Seyed Jalal Hosseini tak mau kalah. Kedunya terjepret mengibarkan bendera Iran dengan tongkat yang sudah disiapkan.

Nah, poin absolut oleh Tim Melli, julukan Iran, pada matchday kedelapan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 grup A zona Asia kemarin membuat mereka mengekor langkah Brasil lolos ke Piala Dunia tahun depan. Dengan sisa dua matchday lagi, Iran yang kemarin sudah mengemas poin 20, tak mungkin terkejar oleh pesaing terdekatnya Korsel (13 poin).

“Mulai besok kami harus mempersiapkan yang terbaik menuju Piala Dunia tahun depan. Semoga setelah lolos beruntung ke Piala Dunia, Iran tak akan melewatkan kesempatan bersejarah untuk mengamankan masa depan sepak bola mereka,” tutur Queiroz kepada Persian Times.

Menurut mantan asisten Sir Alex Ferguson di Manchester United tersebut Iran dikaruniai talenta yang bagus. Meski tak ada nama besar seperti era 1990-an seperti Ali Daei, Ali Karimi, hingga Mehdi Mahdavikia akan tetapi secara soliditas tim lebih kokoh.

“Masa depan saya, gairah saya bersama tim ini. Pun demikian yang dirasakan para pemain.Kami berharap para pengambil kebijakan federasi bisa membantu maksimal,” kata pria yang juga pernah melatih timnas Afrika Selatan dan Portugal tersebut. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here