Home OLAHRAGA Atjong Tertinggal Enam Detik

Atjong Tertinggal Enam Detik

0
SHARE

Cabang olahraga (cabor) atletik berusaha untuk tetap tampil kompetitif di SEA Games 2017 Malaysia mendatang. Salah satu upaya yang dijalankan yakni menurunkan sejumlah atlet tampil di kejuaraan sebelum SEA Games berlangsung. Salah satu prestasi akhirnya muncul di Thailand Open 2017. Dari nomor 3000 meter steeplechase, Atjong Tio Purwanto mendulang medali perak dengan catatan waktu 9 menit, 18,87 detik. Dia tertinggal dari pelari Vietnam Quac Luat yang membukukan waktu 9 menit, 12,89 detik.   Adapun pelari Indonesia lainnya, Elizar Gamashi menempati posisi ketujuh dengan 10 menit, 5,25 detik. Secara hasil, capaian dua wakil Indonesia itu belum menurun ketimbang prestasi mereka di PON XIX/2016 lalu. Saat itu, Atjong mencatatkan waktu 9 menit 14,29 detik. Sedangkan Gama berada di belakang Atjong dengan 9 menit, 33,3 detik.

“Yang menjadi kendala yakni cuacanya tadi cukup panas, karena lomba mulai pukul 15.30 (waktu Thailand, red),” sebut Agus Ngamel, salah satu pelatih pelatnas yang mendampingi tim. Hingga kemarin, Indonesia sudah mendulang dua perak. Selain Atjong, adalah Nadia Anggraini yang mencatatkan lompatan 1,65 meter. Pada penutupan kejuaraan hari ini, wakil Indonesia masih akan turun atas nama Wahyudi Putra yang akan turun di 5.000 meter putra.

Sementara itu, masalah pendanaan pelatnas masih menjadi evaluasi buat PB PASI. Melalui Taufik Mulyanto, Kabidbinpres PB PASI menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masih menyelesaikan segala kebutuhan secara mandiri. ”Nanti kami akan coba untuk klaim ke Satlak Prima,” ujarnya terpisah.

Terkait ujicoba yang sudah berlangsung, semata demi mendongkrak performa para atlet di bawah PB PASI di SEA Games mendayang. Terlepas dari masalah yang ada, PB PASI juga mendapatkan kabar gembira seiring penghargaan yang diberikan Asosiasi Atletik Asia (AAA).

“Penghargaan tersebut berdasar pada peningkatan prestasi atlet Indonesia di level nasional, regional ataupun Internasional,” beber Tigor Tanjung, Sekjen PB PASI. Rencananya, penghargaan itu akan diserahkan di India pada acara Gala dinner AAA 4 Juli mendatang. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here