Home OLAHRAGA Kevin/Marcus Tumbang

Kevin/Marcus Tumbang

0
SHARE

JAKARTA-Kejutan terjadi di babak pertama ganda putra dan putri BCA Indonesia Open Super Series (BIOSSP) 2017 di Plenary Hall JCC, kemarin (14/6). Dua unggulan teratas di sektor ganda rontok di tangan lawan masing-masing. Mereka yakni ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Misaki Matsutomo Ayaka Takahashi ganda putri Jepang.

Marcus/Kevin takluk dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmusen, 16-21, 16-21. Unggulan pertama tuan rumah itu harus menyelesaikan pertandingan cukup cepat dalam 34 menit. Masalah fisik menjadi salah satu kendala besar buat Marcus/Kevin. Tanda-tanda kekalahan tersebut muncul sejak pekan lalu.  Saat itu, dalam latihan rutin di Pelatnas Cipaung, Kevin mengalami masalah di bahu kanannya. Sedangkan bagi Marcus, dia mengalami masalah di lutut kanannya.

”Tadi sedikit hati-hati, karena setelah melakukan smash sakitnya lumayan kerasa,” beber Kevin.
Herry Iman Pierngadi membenarkan kondisi pemainnya tersebut. ”Ada lima pedang kami, dua sudah patah,” kata pelatih legendaris tersebut. Pernyataan itu merujuk atas kekalahan Marcus/Kevin dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro.

Sedangkan Ayaka/Misaki tak mampu membendung dominasi pasangan baru Tiongkok Huang Yaqiong/Yu Xiaohan. Mereka kalah straight game 7-21, 20-22. Yaqiong/Xiaohan merupakan pasangan baru yang secara resmi tampil bersama sejak April 2017 lalu.
“Kemampuan kami hanya segitu, faktor angin menjadi kendala, Tiongkok dan Korea Selatan sering ganti pasangan,” sebut Ayaka. Sebenarnya, mereka sudah mempersiapkan antisipasi tersebut. Namun, pada pertandingan tersebut pasangan ini kerap mengalami miskomunikasi.

Kekalahan yang dialami Ayaka/Misaki tersebut sekaligus memastikan bakal muncul juara baru di ganda putri. Sebab, pada edisi 2016 yang berlangsung di Istana Olahraga (Istora), Senayan lalu, Ayaka/Misaki menahbiskan diri sebagai kampiun di akhir turnamen. Indonesia masih menjaga peluang prestasi di BIOSSP 2017. Di ganda putri, masih ada Greysia Polii/Apriani Rahayu, Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri, Anggia Shitta/Ni Ketut Mahadewi, dan pasangan non pelatnas Dian Fitriani/Nadia Melati.
Sedangkan di ganda putra, meskipun sudah kehilangann Marcus/Kevin dan Ahsan/Rian, Indonesia masih menyimpan asa. Yakni via Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang hari ini akan bertemu dengan sesama pelatnas, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara itu, di tunggal putra, Indonesia hanya menyisakan Jonatan Christie. Jojo kemarin mengalahkan Hsu Jen Hao, 21-17, 21-15. Tetapi, di babak 16 hari ini, dia akan menghadapi lawan tangguh, Chen Long (Tiongkok). Head to head keduanya masih berpihak kepada Chen Long dalam dua pertemuan yang sudah berlangsung.

Namun, Jojo cukup optimistis. Terlebih dengan mengacu kondisi venue yang cukup menantang. Ini seiring dengan angin yang kerap mengganggu performa para pebulu tangkis yang turun. “Semua bisa terjadi. Chen Long pemain yang matang, banyak prestasi juga,” sebut Jonatan Adapun juara bertahan, Lee Chong Wei (Malaysia) kembali menundukkan Tommy Sugiarto, salah satu tunggal putra senior tanah air. Kemarin, Tommy takluk dalam rubber game 21-12, 10-21, 18-21. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here