Home TANGERANG HUB Partai Politik Mulai Jajaki Koalisi

Partai Politik Mulai Jajaki Koalisi

0
SHARE

TANGERANG – Partai politik di Kota Tangerang mulai membuka diri. Meski memiliki kader internal untuk diusung dalam Pilkada Kota Tangerang, bukan berarti satu partai alergi terhadap partai lainnya. Justru para pengurus partai saat ini sudah siap memulai saling menjajaki untuk berkoalisi.   Apalagi dengan adanya penjaringan yang telah dilakukan PDI Perjuanagan, PPP, PAN dan Partai Demokrat.

Ditambah dengan ikutnya Arief R Wismansyah meramaikan penjaringan di Partai Demokrat, PPP dan PAN, membuka peluang ketiga partai ini bakal berkoalisi.

Ketua tim Pilkada PAN Kota Tangerang Sjaifuddin Z Hamadin menjelaskan, bila tahapan menuju arah koalisi masih cukup jauh.

Namun yang pasti, PAN terus menjalin komunikasi politik dengan semua partai. Termasuk membangun komunikasi dengan bakal calon kepala daerah. “Kami masih menjajaki kemungkinan untuk berkoalisi. Salah satunya dengan menyamakan visi misi membangun kota ini melalui moment pilkada nanti,” ungkap Sjaifuddin.

Kaitan dengan koalisi 3 partai PAN, PPP dan Demokrat, tidak menutup kemungkinan itu terjadi. Namun bisa juga itu tidak dapat direalisasikan. Hingga saat ini, PAN masih membuka diri terhadap partai lain. Koalisi partai menurut Sjaifuddin, bisa terjadi karena adanya komunikasi politik yang secara intens terus dibangun.

Namun koalisi juga bisa terjadi karena keputusan bakal calon. “Kandidat kepala daerah,sangat diperbolehkan membawa gerbong partai lain. Artinya koalisi partai terbentuk karena ada dorongan dari balon kepala daerah,” papar Sjaifuddin. Namun ia berharap, kiranya ketiga partai ini bisa terus solid hingga menjadi koalisi yang baik.

Seperti diketahui, sejumlah tokoh telah mengambil formulir pendaftaran. Diantaranya Ketua Fraksi PAN Kota Tangerang Ella Sylvia, Sekretaris DPW PPP Banten Iskandar Zulkarnain, Kepala Bapeda Banten Hudaya Latuconsina, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin dan Putra Gubernur Banten Wahidin Halim,  M Fadlin Akbar disusul Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

“Kami masih menanti putra -putri terbaik Kota Tangerang untuk mengikuti pernjaringan PAN,” tutur Sjaifuddin.

Harapan serupa dilontarkan Ketua Penjaringan PPP Kota Tangerang Riyanto. Ia berharap ketiga partai bisa berkoalisi dalam kancah Pilkada Kota Tangerang 2018.

“Kalau parpol bisa bersinergi dengan baik, mengapa tidak,” ungkap Riyanto. Ketua Lintas Partai PPP Kota Tangerang ini mengaku, masih terus berkomunikasi dengan pengurus parpol lain meski belum menjurus ke arah koalisi. “Masing-masing partai punya aturan main sendiri. Hasil akhir koalisi, akan ditentukan oleh pengurus elit partai,” tuturnya. (tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here