Home OLAHRAGA Hacienda Sorot Jorge Mendes

Hacienda Sorot Jorge Mendes

0
SHARE

CRISTIANO Ronaldo makin tak nyenyak tidurnya.  Sebab, selain dirinya, Hacienda atau Departemen Pajak Spanyol juga tengah memantau Jorge Mendes. Pria yang dikenal sebagai super agen itu, menjadi sorotan karena klien-kliennya banyak yang bermasalah dengan pajak.

Selama ini, publik hanya  fokus kepada klien terbesar Mendes yang dikenal dengan julukan Fabrica Mendes (karena banyak menaungi pemain papan atas) itu, Cristiano Ronaldo. Kapten timnas Portugal itu tersandung kasus dugaan penggelapan pajak hak citra diri (Image Rights) sebesar EUR 14,8 juta (Rp 219,33 miliar) selama 2011-2014.

Namun, klien lainnya seperti Radamel Falcao sebetulnya juga bermasalah.  Bomber Kolombia yang memperkuat AS Monaco itu didakwa telah menggelapkan hak citra dirinya sebesar EUR 5,6 juta (Rp 82,99 miliar). Penggelapan itu dilakukan saat musim 2012-2013, atau saat El Tigre, julukan Falcao, masih berkostum Atletico Madrid.

Dilansir dari AS, modus yang digunakan oleh Falcao itu sama dengan Ronaldo. Dirinya mendirikan beberapa perusahaan abal-abal tanpa struktur yang jelas di British Virgin Island, Kolombia, Irlandia, dan Panama. Itu dilakukan untuk menyembunyikan pendapatannya.

Nah, karena Falcao dan Ronaldo berada di bawah naungan agen yang sama, Departemen Pajak bakal memanggil Mendes untuk hadir pada hearing di Pozuelo de Alarcon, Selasa pekan depan (27/6).

Sementara,  El Confidencial maupun El Espanol memberitakan, Ronaldo sudah dijadwalkan untuk bersaksi pada 31 Juli mendatang. Dalam hearing itu, sangat mungkin Mendes bakal dihadirkan. Itu belum pemberitaan lain dari AS bahwa Jose Mourinho nyatanya juga tersandung masalah yang sama.

Manajer Manchester United itu tidak membayar pajak Image Rights pada tahun fiscal 2011 dan 2012, dengan total kerugian negara mencapai EUR 3,3 juta (Rp 48,90 miliar).

Harian El Mundo mengatakan, karena ketakutan bakal dipanggil seperti Falcao, maka  Mendes berusaha  ”mengevakuasi” Ronaldo dari Real. Itu sebabnya, belakangan muncul pernyataan kalau Ronaldo ingin meninggalkan Santiago Bernabeu.

“Mendes mengorkestrasi (pengubahan, red) semuanya agar dia dan Ronaldo tidak terjerat kasus di Spanyol,” ujar El Mundo dalam beritanya.

Namun, Presiden Los Blancos, julukan Real, Florentino Perez, mengaku bakal mempertahankan kapten Portugal itu habis-habisan. Ini menjadi pernyataan pertama Perez ketika dua hari yang lalu, dirinya dikritik habis-habisan karena tidak mendukung CR7, julukan Ronaldo. ”Aku belum  berbicara dengannya. Namun, dia (Ronaldo) masih memiliki kontrak bersama kami. Jadi, dia tetap pemain Real Madrid,” kata Perez  dilansir dari Radio Onda Cero. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here