Home OLAHRAGA Renang SEA Games, Penentuan Skuat Inti

Renang SEA Games, Penentuan Skuat Inti

0
SHARE

Teka-teki mengenai siapa saja penghuni tim inti renang yang bakal terjun ke SEA Games 2017 menemui titik terang. PB PRSI menjanjikan akan mengumumkan susunan nama-nama tersebut pada Kamis (22/6). Saat ini, PB PRSI bersama dengan tim pelatih terus menggodok susunan nama tersebut.

Kabidbinpres PB PRSI Wisnu Wardhana mengatakan, nantinya akan ada 22 atlet yang masuk menjadi skuad inti SEA Games. Daftar nama tersebut akan diajukan ke Satlak Prima dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk kemudian ditinjau kembali sesuai dengan kebijakan kuota atlet.

“Kami baru mendengar, akan ada pengurangan jumlah kontingen dari Satlak Prima untuk SEA Games. Nantinya, atlet-atlet yang terpilih harus benar-benar berpeluang besar mendapat medali minimal perak,” kata Wisnu ditemui di Kolam Renang Pertamina, Simprug kemarin (20/6).

Wisnu mengungkapkan bahwa 10 perenang yang lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia di Budapest, dipastikan bakal menjadi penghuni tim inti renang Indonesia. Sebab, mereka dianggap memiliki daya saing tinggi untuk bertarung di SEA Games nantinya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa saat ini PB PRSI lebih memfokuskan diri untuk menyusun nama-nama atlet muda sebagai tim pelapis. Proses penilaiannya pun dilakukan secara mendetail, melihat grafik performa mereka sejak festival akuatik lalu hingga try out di Singapura beberapa hari lalu.

“Tentu tidak bisa berpatokan pada hasil pertandingan di Singapura kemarin saja. Banyak atlet yang dulu masih belum menunjukkan performa bagus, tapi performa dia terus meningkat. Ada juga yang dulu sudah bagus, tapi malah tidak stabil performanya. Konsistensi grafik memang menjadi faktor utama,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih renang Indonesia Albert C. Sutanto mengatakan bahwa setelah diumumkan, dirinya bersama dua pelatih asing akan langsung menggenjot performa I Gede Siman Sudartawa dkk sebelum bertandang ke Budapest dan Hong Kong untuk menjalani uji coba terakhir sebelum SEA Games.

“Terutama untuk mereka yang terjun di Kejuaraan Dunia yang harus digencarkan lagi. Namun bukan berarti perenang lain tidak diperhatikan. Kami tetap melakukan pematangan strategi di nomor-nomor andalan kami,” jelasnya. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here