Home TANGERANG HUB Sebar Pesapon ke Penjuru Kota

Sebar Pesapon ke Penjuru Kota

0
SHARE

SERPONG-Sampah diprediksi bakal membludak selama libur Lebaran. Sebanyak 200 petugas kebersihan atau biasa disebut pesapon tidak libur. Mereka tetap disebar ke penjuru kota untuk membersihkan sampah.┬áRatusan pesapon itu di bawah komando Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel. Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, petugas kebersihan tidak boleh libur selama Lebaran. “Pesapon tidak boleh libur karena, sampah tidak pernah libur dan jumlahnya cenderung meningkat,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (20/6).

Airin menambahkan, pemkot tidak tinggal diam terhadap pesapon yang masuk meskipun libur lebaran. Ini dibuktikan dengan memberikan insentif bagi pesapon yang lembur. “Pesapon pekerjaan mulia dan sifatnya pelayanan sehari-hari makanya tidak boleh libur. Kita memberikan insentif pada mereka,” tutup Airin disela-sela rapat koordinasi lintas sektoral dalam antisipasi situasi dan kondisional jelang Lebaran di Hole Soll Marina Serpong.

Sementaraa itu Plt Kadis LH Kota Tangsel Mukkodas Syuhada mengadakan, 200 pesapon tersebut akan dibagi ke tujuh kecamatan se-Kota Tangsel. “Jumlah sampah selama puasa dan Lebaran jumlahnya meningkat, kalau mereka libur tentu menimbulkan masalah baru,” ujarnya.

Mukkodas menambahkan, DLH Kota Tangsel menyiapkan anggaran sebesar Rp120 juta yang akan dibagikan kepada 200 pesapon selama libur Lebaran. Jumlahnya tidak seberapa namun, itu sebagai bentuk perhatian pemkot kepada pesapon yang dengan setia menjaga kebersihan kota pemekaran Kabupaten Tangerang ini.

Sampah yang dihasilkan warga Kota Tangsel tiap hari rata-rata memcapai 808 ton. Namun, selama bulan puasa naik 20 persen menjadi 830 ton. “Bayangkan berapa banyak sampah yang menumpuk kalau pesapon libur selama libur Lebaran,” tambahnya.

Menurutnya, pesapon itu nantinya akan bertugas secara bergantian dan terutama membersihakan sampah yang berserakan setelah salat Idul Fitri usai. DLH juga akan menerjunkan satu unit mobil atau alat sedot sampah, debu dan ada tankinya. Juga mengoperasikan seluruh armada kebersihan yang dimiliki.

Kendaraan kebersihan akan dioperasikan setelah salat Idul Fitri sampai pukul 10.00 WIB. Dilanjutkan setelah salad Azhar sampai sekitar pukul 16.00 WIB. “Saya berharap selama libur warga tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here