Home BISNIS BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Bukopin

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Bukopin

0
SHARE

JAKARTA – BPJS Ketenagakerjaan terus meningkatkan mutu pelayanan untuk mempermudah para pesertanya bayar iuran kepesertaan. Belum lama ini, lembaga jaminan sosial pekerja milik pemerintah ini, menjalin kerjasama dengan bank Bukopin. MoU tersebut ditandatangani kedua belah pihak, Senin (19/6).

Melalui nota kesepahaman yang ditandatangani Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif dengan Direktur Komersial Bank Bukopin Mikrowa Kirana, maka bank Bukopin menjadi salah satu perbankan yang tergabung dalam  jaringan Service Point Office (SPO) BPJS Ketenagakerjaan.

SPO merupakan kerjasama mutualisme antara BPJS Ketenagakerjaan dengan pihak perbankan. Dalam hal memberikan layanan kepada peserta dan calon peserta. “Melalui kerjasama ini, pekerja atau perusahaan dapat mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui outlet Bank Bukopin,” terang Krishna

Selain itu bank swasta ini bisa melayani pembayaran iuran bulanan peserta. Bahkan pelayanan pengambilan klaim jaminan hari tua (JHT). “Tentunya dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku di BPJS Ketenagakerjaan,” katanya. Kerjasama ini tambah Krishna, akan sangat membantu pelayanan. Sebab bila ada cabang yang sulit terjangkau, maka peserta bisa datang ke bank yang telah bekerjasama dengan badan penyelenggara jaminan sosial ini.

Untuk diketahui, sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan telah bekerjasama dengan beberapa bank. Baik bank milik negara maupun maupun swasta. Diantarnya bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BJB dan bank Bukopin. MoU dengan dunia perbankan menurut Krishna, merupakan wujud nyata dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pekerja. Khususnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Supaya bisa mendapatkan program perlindungan jaminan sosial. Diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (Jkm). Sesuai dengan amanah Undang-undang. “Kami berharap, kerjasama ini juga dapat memperluas jaringan  penyebaran informasi. Tentang  manfaat program BPJS Ketenagakerjaan,” tandas Krishna.

Hal senada diungkapkan Direktur Komersial Bank Bukopin Mikrowa Kirana. Menurutnya, pihaknya tidak ingin bisa melayani hanya dalam pembayaran saja. Namun juga bisa menjaring kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. “Ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap  pelaksanaan program pemerintah,” ungkapnya.

Diharapkan proses ini dapat berjalan lancar. Selanjutnya SPO Bank Bukopin akan beroperasi penuh Agustus 2017 mendatang. “Terdapat 17 unit kerja yang tersebar di wilayah DKI. Ke depan, menyusul 70 unit kerja bank Bukopin yang ada di penjuru nusantara,” ujar Mikrowa. Ia menambahkan, akan berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Supaya dapat menjalankan optimalisasi pelayanan kepada peserta maupun calon peserta. (tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here