Home TANGERANG HUB Razia Sasar Kontrakan

Razia Sasar Kontrakan

0
SHARE

SERPONG–Gelombang warga pendatang dari berbagai daerah biasanya menyerbu kota-kota besar bersamaan dengan arus balik Lebaran. Pemkot Tangsel tidak membendung arus urbanisasi tersebut. Hanya saja, Pemkot Tangsel tidak ingin ada pendatang tak jelas masuk ke wilayahnya. Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel akan melakukan operasi bina kependudukan (binduk) bagi pendatang baru yang tiba ke Kota Tangsel pascalibur Lebaran ini. Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto menerangkan, operasi binduk bukan untuk menghalangi‎ hak setiap warga negara mencari kehidupan yang layak di daerah lain termasuk Kota Tangsel.

Namun, langkah ini penting dilakukan untuk mencegah persoalan baru.
“Kalau hijrah tetapi tidak punya tujuan pekerjaan tetap dan keterampilan khusus maka hanya menambah masalah sosial saja‎. Kita menginginkan kota yang ramah ini juga dihuni orang-orang ramah juga,” katanya, Minggu (2/7).
Operasi binduk yang dilakukan Disdukcapil akan melibatkan Satpol PP, polisi dan TNI.

Operasi ini akan menyisir rumah kontrakan dan kos-kosan di Kota Tangsel. Pemkot mewajibkan warga pendatang membuat surat keterangan domisili ke kantor kelurahan setempat.
“Kami tidak ingin mempersulit ataupun mempermudah warga pendatang. Tapi surat keterangan sementara itu wajib bagi pendatang baru,” jelas dia.
Dia juga mengimbau kepada warga pendatang musiman yang bermukim di Kota Tangsel, tidak berbondong-bondong membawa sanak keluarganya.

“Kalaupun membawa harus punya tujuan jelas, pekerjaan tetap dan keahlian khusus, sehingga tidak menimbulkan persoalan baru di sini,” terangnya.
Di bagian lain, rencananya hari ini Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany akan menggelar open house, beramah-tamah dengan warga Kota Tangsel. Rencananya, usai memimpin apel gabungan dengan seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di Lapangan Cilenggang, Serpong, Airin langsung bersiap menyambut kedatangan tamu di kediamannya, kawasan Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara.

Airin mengatakan, sebelumnya Pemkot Tangsel sudah menggelar open office di Balai Kota Tangsel dengan seluruh warga seusai pelaksanaan salat Idul Fitri. Menurutnya, pelaksanaan open office itu sekaligus silaturahmi dan momen berdiskusi dengan masyarakat. “Open office kembali dilaksanakan, sempat vakum sebelumnya karena Lebaran sebelumnya bersamaan juga dengan momen pemilukada jadi tidak dilakukan. Kemarin open office dilakukan sekaligus salat Idul Fitri. Untuk open house di kediaman saya, dilakukan Senin (3/7) usai apel gabungan di Cilenggang,” ungkapnya di Telaga Seafood BSD, Serpong, kemarin.

Airin juga meminta agar masyarakat memanfaatkan kegiatan silaturahmi tersebut untuk berdiskusi, dan tatap muka dengan seluruh pejabat Pemkot Tangsel. Sehingga, lanjut Airin, pihaknya mendapat input tentang berbagai gagasan atau keluhan masyarakat. “Masyarakat bisa sekaligus menyampaikan gagasan, kritik yang bersifat konstruktif lewat diskusi saat Pemkot menggelar open office kemarin dan open house nanti,” ujarnya. (mg-22/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here