Home TANGERANG HUB Hari Ini Calon Sekda Jalani Tes

Hari Ini Calon Sekda Jalani Tes

0
SHARE

TIGARAKSA-Hari ini, tujuh calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang akan menjalani tes kompetensi manajerial di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung. Tes tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni 4 sampai 5 Juli.

Ketujuh calon Sekda tersebut yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Rudi Maesal Rasid, Kepala Dinas Sosial Arsad Husen, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Slamet Budhi Mulyanto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ahmad Taufik, Kepala Dinas Infokom Soma Atmaja, Asisten I Bidang Pemerintahan Heri Heryanto dan Sekretaris DPRD Firzada Mahali.

Kepala Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang H Ahmad Surya Wijaya mengatakan, tes tersebut dilakukan untuk memastikan kompetensi para calon Sekda. Hal ini guna melihat kemampuan analisa, kepemimpinan dan cara berpikir para calon pimpinan tinggi pratama.

“Sehingga terlihat sifat kepemimpinan hingga upaya menyelesaikan permasalahan yang ada. Sedangkan saat sesi presentasi, para calon mempresentasikan proposal yang ditulis dengan tangan,” kata Surya, kemarin.

Dalam proposal yang mereka tulis itu, lanjut Surya, ke tujuh calon secara bergantian melakukan paparan didua ruangan yang berbeda. “Dalam presentasi nanti ada sesi tanya jawab dari tim assesor. Semua ini dalam rangka menggali kompetensi masing-masing calon Sekda. Hasil ini nantinya juga sebagai bagian penilaian tim panitia seleksi terbuka calon Sekda,” tambahnya.

Setelah menjalani tes kompetensi manajerial, para calon akan menjalani tes kesehatan oleh tim dokter pada 6 Juli. Selanjutnya, ketujuh kandidat ini juga akan menjalani rangkaian tes rekam jejak oleh Inspektorat Kabupaten Tangerang.

“Nanti dalam rekam jejak ini dinilai bagaimana riwayat para calon itu, bagaimana kinerjanya selama ini, itu jadi penilaian juga. Tapi untuk bagaimana metode rekam jejaknya secara jelas, itu kewenangan Inspektorat,” kata Surya.

Hasil rangkaian tes mulai dari tes kompetensi manajerial, tes kesehatan dan rekam jejak ini, lanjut Surya, akan diserahkan kepada BKPSDM. Hasil tersebut kemudian diserahkan ke Pansel (Panitia Seleksi-red) calon sekda untuk dilakukan perangkingan.(mg-14).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here