Home TANGERANG HUB Aktivitas Warga Berkurang, Sampah Menurun

Aktivitas Warga Berkurang, Sampah Menurun

0
SHARE

TANGERANG– Volume sampah selama libur lebaran kemarin mengalami penurunan yang signifikan. Hal tersebut dilihat dari jumlah sampah yang masuk ke TPA Rawa Kucing. Berkurangnya aktivitas rumahan, aktivitas pasar dan warga yang mudik menjadi salah satu faktor menurunnya jumlah volume sampah.

Jembatan timbang TPS Rawa Kucing mencatat jumlah tonase sampah pada 24 Juni sekitar 2.780 ton. Sementara pada 25 dan 26 Juni jumlah tonase sampah hanya 230 sampai 539 ton sampah yang masuk ke TPS Rawa Kucing.

“Petugas kita gencarkan pada malam takbir untuk menertibakan sampah supaya mereka bisa Salat Ied bersama keluarga sebelum kembali bertugas,”ucap Buceu Gartina, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Selasa (4/7).

Melalui sambungan telepon, ia juga mengatakan bahwa sekitar 70 armada kebersihan dikerahkan setiap harinya untuk membersihkan Kota Tangerang. “Meski libur, kita tetap berupaya semaksimal mungkin,”tukasnya.

Selain gencar melakukan pembersihan, Buceu juga sedang menanti hasil dari penilaian tim verifikasi adipura untuk Kota Tangerang. “Penilaian sudah dilakukan oleh tim, dan kita tinggal tunggu saja hasilnya nanti,”tutupnya.

Terkait hasil penilaian tim adipura verifikasi, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah optimis. Namun, ia menegaskan bukan piala atau penghargaan yang dinantikan.“Kita (Pemkot,red) bukan pengin penghargaanya, tapi bagaimana adipura bisa jadi indikator terhadap pembangunan Kota Tangerang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan,”ucapnya.

Lanjutnya, proses menuju piala adipura itu tidak mudah dan banyak yang harus dilakukan untuk bersama-sama dibenahi. “Kita jadi tahu kriteria apa yang masih kurang di kota ini dan akan diperbaiki,”tutup Arief. (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here