Home TANGERANG HUB 200 Ribu Warga Tidak Kebagian Blangko KTP-el

200 Ribu Warga Tidak Kebagian Blangko KTP-el

0
SHARE

TANGERANG–Sekitar 200 ribu warga Kota Tangerang masih harus bersabar lagi untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Dari 240 ribu warga yang sudah melakukan perekaman KTP-el, hanya 40 ribu warga yang akan mendapatkan KTP-el dalam waktu dekat. Sebab, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang hanya mendapat jatah 40 ribu blangko KTP-el dari Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Sunarlan mengatakan, saat ini dari 40 ribu blangko KTP, hanya tinggal 4 ribu blangko yang sedang dalam proses cetak. Sisanya, sudah tercetak dan siap diberikan kepada warga.“Sepanjang tahun 2017 sudah mendapat blangko KTP sebanyak 40 ribu yang diberikan dalam dua tahap. Yang pertama dapat 10 ribu dan yang kedua dapat 30 ribu. Padahal sampai bulan Juni 2017 kami masih harus mencetak 240 ribu KTP-el,”ujarnya.

Dia memaparkan, jumlah penduduk Kota Tangerang mencapai sekitar 1.9 juta jiwa. Sebanyak 1.4 juta di antaranya merupakan penduduk wajib KTP.“Dari jumlah warga wajib KTP, masih ada sekitar 180 ribu warga yang belum melakukan perekaman KTP-el,”tuturnya

Disdukcapil masih terus melakukan sosialisasi mengajak warga untuk melakukan perekaman KTP-el. Warga hanya perlu datang ke kantor kecamatan masing-masing dan tidak dipungut biaya. “Kami juga memberikan pelayanan menggunakan mobil perekaman. Jadi warga bisa melakukan di mobil tanpa harus ke kecamatan,”katanya.

Bagi warga yang sudah memiliki KTP seumur hidup tetap harus melakukan pembuatan KTP elektronik. Karena KTP manual sudah tidak berlaku lagi. Selain itu, banyak warga juga yang belum membuat KTP berdalih sibuk kerja, tidak memiliki waktu dan ada yang menunggu saat perpanjangan. (mg-01/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here