Home OLAHRAGA Mental Ditempa, Angga/Ricky Siap Tempur

Mental Ditempa, Angga/Ricky Siap Tempur

0
SHARE

GAGAL di Indonesia Open Super Series Premier 2017 membuat PP PBSI (Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) memberi peringatan keras pada ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Soewardi. Peringatan ini berdampak positif dengan kembalinya kemampuan ganda muda ini dan siap berprestasi di Kejuaraan Dunia 2017.

Angga/Ricky tak mampu bicara banyak di Indonesia Open 2017. Langkah pasangan yang ditempatkan sebagai unggulan kedelapan itu hanya sampai babak kedua. Mereka disingkirkan juniornya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, di babak kedua.

Hasil itu membuat PP PBSI menjatuhkan peringatan kepada keduanya untuk berbenah. Setelah Sebulan digenjot di pelatnas Cipayung, pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi menilai perfoma Angga/Ricky sudah alami kemajuan.

Herry selain membenahi sisi kemampuan teknik dan taktik keduanya juga membenahi mental bertanding. Dibantu psikolog, Herry memoles mental Angga/Ricky agar kembali mendapat kepercayaan diri.

“Kami pakai psikolog dari Kemenpora untuk membantu, khususnya Ricky. Jadi mereka ditangani dan diberikan motivasi sejak Rabu kemarin. Sejauh ini sudah ada kemajuan,” kata Herry saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jumat (7/7),

“Saya lihat semakin ke sini grafik mereka semakin bagus. Motivasi mereka sudah semakin meningkat. Itu kelihatan dari hari-hari mereka latihan. Kalau dulu itu setiap game, khususnya Ricky, banyak error. Kalau sekarang ada kalah menang tapi sudah ada kemajuan. Kami kan memonitor terus game per game-nya.

“Anaknya sendiri yang bicara jika dia sudah enakan. Jadi bukan hanya dia ngomong tapi saya lihat juga,” imbuh dia.

Jika Ricky memiliki persoalan mental, Angga mempunyai masalah berat badan yang memengaruhi pergerakannya. Herry sudah berkonsultasi dengan dokter gizi di PBSI untuk memantau berat badan atletnya.

“Naik dua sampai tiga kilogram itu pengaruhnya besar loh. Masing-masing atlet itu kan punya berat badan idealnya. Jadi saya kasih tahu mereka, paling fit kondisi harus gimana,” katanya.

“Ya pokoknya kita lihat nanti sepulang dari Bali. Kami kan rencananya awal pekan depan jalan ke sana untuk merubah sedikit suasana latihan. Ya, mudah-mudahan menjelang seminggu dua minggu Kejuaraan Dunia perubahannya semakin kelihatan,” ucap Herry. (apw/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here