Home TANGERANG HUB PMI Benda Target 50 Relawan

PMI Benda Target 50 Relawan

0
SHARE

BENDA – Kecamatan Benda, Kota Tangerang kini punya petugas Palang Merah Indonesia (PMI). Tugasnya tidak melulu mengenai darah, melainkan menjadi garda terdepan dalam setiap kegiatan warga Benda, terutama yang menyangkut permasalahan sosial kemasyarakatan. PMI Kecamatan Benda ini berdiri pada 14 Mei 2017 lalu.

Meski belum diresmikan oleh PMI Kota Tangerang, PMI Kecamatan Benda sudah menunjukkan tajinya. Ini dibuktikan dengan melakukan beberapa kegiatan pada bulan Ramadan dengan menyiagakan mobil ambulans saat safari Ramadan, dan kini tengah melakukan perekrutan relawan. Pendaftaran tersebut tentu dikhususkan bagi warga Benda.

Hasbullah, Ketua PMI Kecamatan Benda menarget sebanyak 50 relawan pada pendaftaran yang digelar selama 14 hari semenjak 3 Juli kemarin. “PMI Kecamatan benda akan fokus dengan permasalah sosial warga sekitar. Kami (PMI,red) akan selalu ada bagi warga yang membutuhkan bantuan,”ucap Hasbullah saat ditemui di kantor PMI Kecamatan Benda, Jumat (7/7) silam.

Pria yang dulu menjabat sebagai humas PMI Kota Tangerang mengatakan bahwa ada dua kategori pendaftaran yang dibuka PMI Benda. “Sama dengan PMI kota, kita membuka pendaftaran untuk tenaga sukarelawan dan korps sukarelawan,”imbuhhnya.

Untuk pendaftaran tenaga sukarelawan tidak dibatasi usia, sementara korps sukarelawan dibatasi usia 18-35 tahun.  “Korsp lebih kepada mereka yang memiliki kemampuan bidang masing-masing dan pernah mengikuti pendidikan PMI,”tuturnya.

Hasbullah mengaku proses pendaftaran yang dilakukan termasuk instan dan baru pertama kali dilakukan PMI manapun. “Biasanya proses rekrut itu tiga bulan, namun PMI Benda hanya melakukan selama 14 hari,”tambahnya.

PMI yang terdiri dari 7 orang anggota ini akan memberikan pelatihan kepada para pendaftar. Beberapa pelatihan seperti pelatihan pertolongan bencana berbasis kemasyarakatan, bentuk-bentuk penanggulangan bencana dan lainnya.

“Nantinya akan kita buat tim sibat (siaga bencana penanggulangan berbasis kemasyarakatan) pada lima kelurahan yakni Belendung, Benda, Panjang, Jurumudi Baru, dan Jurumudi Lama,”tambahnya Hasbullah mengaku perlu kerja ekstra dalam memperkenalkan PMI di Kecamatan Benda. Apalagi ini bersifat sukarela atau tidak dibayar. “Banyak yang belum mengetahui soal PMI, struktur organisasinya, dan tugasnya. Ini jadi kendala juga dalam melakukan rekruitmen. Tapi saya optimis bisa mencari 50 relawan,”tutupnya. (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here